Konsumsi Asam Folat saat Hamil Harus Sesuai Rekomendasi Dokter

Wanita hamil.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Seperti yang kita ketahui, asam folat merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan selama kehamilan. Bahkan dari jauh-jauh hari, yaitu saat memutuskan untuk mengikuti program hamil, wanita sudah dianjurkan untuk mengonsumsinya.
 
Kecukupan asam folat di dalam tubuh akan membantu mencegah keguguran dan kondisi neural tube defects (NTD) pada bayi. NTD atau kecacatan tabung saraf adalah cacat pada otak atau sumsum tulang belakang bayi. 

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Ini diakibatkan oleh tabung saraf yang tidak menutup sempurna. Proses perkembangan tabung saraf ini terjadi pada hari ke-28 setelah konsepsi, dan biasanya seorang wanita belum menyadari kehamilannya.
 
Tidak hanya itu, berdasarkan meta analisis 2015, asam folat secara signifikan menurunkan risiko bayi terkena cacat jantung kongenital. 

American Heart Association memaparkan bahwa kondisi ini terjadi ketika jantung atau pembuluh darah tidak berkembang secara normal sebelum kelahiran terjadi. Hal tersebut akan memengaruhi dinding bagian dalam jantung, katup jantung, atau arteri dan vena jantung.

Viral Curhat Wanita Soal Janinnya yang Tiba-Tiba Hilang, Kok Bisa?

BACA SELENGKAPNYA

Ilustrasi wanita hamil mengemudi

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Pada momen mudik Lebaran 1445H ini, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) membuka Posko Mudik 'Posko OPOR Bu Bidan' di beberapa lokasi titik mudik. Ada di wilayah mana saja?

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024