Amankah Sarapan Hanya Konsumsi Buah?

Buah pepaya.
Sumber :
  • Pixabay/ Sandid

VIVA – Kian hari, masyarakat semakin mencari jenis sarapan yang mudah dikonsumsi. Padatnya aktivitas membuat kaum urban lebih banyak memilih buah untuk dikonsumsi saat pagi hari sebelum bekerja.

Terpopuler: Taurus Dilema hingga Sarapan Bisa Dukung Prestasi Akademik

Buah-buahan sendiri memang banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi saat sarapan pagi yaitu buah pepaya.

"Untuk mencegah tingginya asam lambung, dianjurkan makan buah pepaya di pagi hari. Buah pepaya itu bersifat relatif basa," ujar Ahli Gizi Prof Hardinsyah ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta.

Banyak Anak ke Sekolah Tak Sarapan, Ahli Gizi: Padahal Bisa Dukung Prestasi Akademik

Selain itu, buah pepaya sangat mudah dijangkau, khususnya di daerah tropis seperti di Indonesia ini. Hanya saja, buah pepaya tak memiliki semua kandungan yang dibutuhkan tubuh untuk bisa terus berenergi.

"Pepaya itu minus protein dan lemak. Maka, tambah snack di pagi hari sekitar jam 10 agar memenuhi kebutuhan itu," ungkapnya.

Zaidul Akbar Sebut Tak Perlu Sarapan di Pagi Hari, Kenapa?

Tidak disarankan juga mengonsumsi buah pepaya terus menerus setiap sarapan. Menurut Hardinsyah, sarapan tetap harus beragam jenisnya untuk memenuhi zat-zat baik dari makanan lainnya.

"Kalau pepaya mulu tiap pagi juga tidak baik, malah parah defisensi zat-zatnya. Kalau bisa sup salad atau beberapa jenis salad dan aneka buah jadi mengandung banyak gizi dan meningkatkan selera makan."

Roti gandum

Sarapan Karbohidrat Olahan Bikin Wajahmu Terlihat Tua? Ini Kata Studi Terbaru!

Peneliti di Prancis menemukan bahwa orang yang sarapan kaya karbohidrat olahan dinilai kurang menarik dibandingkan mereka yang sarapan dengan karbohidrat non olahan.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024