Tak Hanya Leukimia, Ini Jenis Kanker Darah yang Penting Dikenali

Ilustrasi sel darah/leukemia.
Sumber :
  • www.pixabay.com/qimono

VIVA – Selama ini, kanker darah identik dengan jenis leukimia saja. Apalagi, salah satu anak dari penyanyi dangdut Tanah Air, Denada, turut mengalami leukimia di usia yang sangat dini.

Bocah Penderita Kanker Tewas Gara-gara Ditenggelamkan Paksa di Sungai Gangga

Secara umum, kanker darah merujuk pada tipe kanker yang menganggu produksi dan fungsi sel darah. Pada banyak kasus, sel kanker tumbuh tidak terkontrol sehingga menganggu pembentukan sel darah sehat.

"Akibatnya, sel darah tidak bisa menjalankan fungsinya, seperti mencegah infeksi atau perdarahan," ujar Konsultan Senior Hematologi di PCC, dr. Lim Ziyi, dalam acara temu media, di kawasan  Sudirman, Jakarta, Kamis 6 September 2018.

Sederet Fakta Penyakit Leukemia yang Perlu Diketahui, Bisa Menyerang Segala Usia

Leukimia merupakan salah satu jenis kanker darah yang sering menimpa anak-anak. Sel kanker leukimia ini banyak menyerang sel darah putih di dalam tubuh anak.

"Leukimia sering diderita pada anak-anak dan jarang terjadi pada orang dewasa. Sel kankernya menganggu fungsi sel darah putih, akibatnya pertumbuhan sel darah putih abnormal menjadi begitu cepat," kata dia.

SBY Kenang Peran Luhut Bantu Ani Yudhoyono saat Sakit Kanker

Sementara, jenis kanker darah yang paling sering menimpa orang dewasa, ada dua jenis yaitu limfoma dan myeloma. Limfoma memengaruhi kerja kelenjar getah bening dan sistem limfatik, di mana keduanya berfungsi untuk memproduksi sel imunitas dan mengurangi kelebihan cairan.

"Kalau myeloma, memengaruhi sumsum tulang dan dapat tumbuh di berbagai bagian tubuh yang memiliki sumsum tulang seperti tulang panggul dan tulang belakang." (mus)
 

Ilustrasi kanker

Perut Membesar dan Lebam di Kulit, Bisa Jadi Tanda Kanker Darah pada Anak

Kanker ini bisa dideteksi dini agar kanker tidak menjadi lebih ganas. Deteksi dini kanker pada anak kata dia membutuhkan peran serta orang tua.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024