Logo ABC

La Trobe University Kembangkan Tes Deteksi Dini Autisme

Rekan peneliti senior di OTARC, La Trobe University, Josephine Barbaro, memimpin kajian yang mengembangkan deteksi dini autisme.
Rekan peneliti senior di OTARC, La Trobe University, Josephine Barbaro, memimpin kajian yang mengembangkan deteksi dini autisme.
Sumber :
  • abc

Semua perawat kesehatan ibu dan anak di Victoria akan dilatih untuk mendeteksi tanda-tanda awal gangguan spektrum autisme pada bayi dan balita selama pemeriksaan kesehatan rutin mereka.

Rekan peneliti senior di La Trobe University, Josephine Barbaro, mengatakan alat skrining terbaru ini merupakan yang paling akurat yang pernah tersedia. 

Dengan tingkat akurasi diagnosis autism hingga 82 persen, tes ini lebih akurat tujuh kali lipat dari pengujian yang ada saat ini. 

Berbasis di Pusat Penelitian Autisme Olga Tennison (OTARC) La Trobe University, Dr Barbaro mengatakan deteksi dini pada bayi dan balita dapat membuat perbedaan yang luar biasa. 

Dia mengatakan anak-anak berusia dua tahun atau kurang yang terdeteksi dengan autisme akan mengalami peningkatan 25 persen dalam keterampilan kognitif mereka dan lebih baik ketika diintegrasikan ke sekolah umum. 

"[Mereka] bisa terintegrasi di antara anak-anak lain seusianya jauh lebih baik daripada anak-anak yang didiagnosis belakangan," kata Dr Barbaro.

Materi pelatihan