Rumah Terlalu Bersih Bisa Picu Kanker Darah, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi rumah minimalis
Sumber :
  • Home Designing

VIVA – Penyakit leukemia yang saat ini sedang diderita oleh Shakira, putri dari Denada belum memiliki penyebab yang pasti. Namun, tak sedikit yang mengaitkannya dengan kebersihan rumah yang terlampau berlebihan dan memicu daya tahan tubuh anak menurun.

Perut Membesar dan Lebam di Kulit, Bisa Jadi Tanda Kanker Darah pada Anak

Banyak opini beredar bahwa penyakit kanker darah pada anak disebabkan minimnya bakteri di sekitar rumah. Ini membuat anak akhirnya tak memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Lantas, benarkan kebersihan rumah yang berlebihan memicu sel kanker hadir di tubuh anak?

Bocah Penderita Kanker Tewas Gara-gara Ditenggelamkan Paksa di Sungai Gangga

"Tidak, itu hanya mitos. Untuk membersihkan rumah, itu tetap diharuskan agar anak terhindar dari bakteri jahat," ujar Konsultan Senior Hematologi di PCC, dr. Lim Ziyi, beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, penyebab kanker darah sendiri masih sangat sulit diobservasi. Namun, satu hal yang pasti, penyakit kanker darah bukan diturunkan oleh orangtua maupun keluarga yang sempat mengidapnya.

Sederet Fakta Penyakit Leukemia yang Perlu Diketahui, Bisa Menyerang Segala Usia

"Jadi orangtua tidak perlu merasa bersalah saat anaknya terkena kanker darah. Itu bukan penyakit genetik," katanya.

Sumber kimiawi, Lim menjelaskan, terkadang menjadi penyebab pada beberapa kasus kanker darah. Tetapi, lagi-lagi itu bukan penyebab kanker darah yang pasti.

"Pencegahannya memang sulit karena penyebab utamanya sendiri belum dikenali. Intinya, deteksi dini dengan cek darah keseluruhan bisa menjadi kunci untuk penyembuhan yang lebih dini," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya