Pijat Refleksi Bisa Picu Kelumpuhan, Benarkah?

ilustrasi pijat punggung
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Relaksasi sangat dibutuhkan tubuh. Ketika lelah, dengan sendirinya tubuh akan memberikan 'tanda-tanda' salah satunya mengantuk, hingga tubuh terasa pegal. 

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Biasanya ketika tanda-tanda itu terjadi, masyarakat akan melakukan relaksasi seperti pijat refleksi yang diyakini dapat menghilangkan rasa lelah dan membuat tubuh kembali segar. 

Pijat refleksi umumnya dilakukan di beberapa bagian seperti tangan atau kaki, karena dipercaya pijatan pada kaki dan tangan merupakan sumber titik-titik saraf yang dapat memberi efek relaksasi dan dapat menggambarkan kondisi organ tubuh tertentu dalam kondisi baik atau tidak. 

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Selain itu tekanan refleksi memberikan sensasi ke saraf-saraf tubuh lainnya saat lelah dan pegal-pegal melanda.

Tapi sebagian orang enggan melakukan refleksi karena rumor yang beredar pijat refleksi dapat memicu kelumpuhan, benarkah?

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Pakar spesialis akupuntur klinik, Dr. Kemas Abdurrohim, MARS, MKes, Sp.Ak akan menjelaskannya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT (AHS) di tvOne Senin 10 September 2018.

Bersama host dr Vito Damay, SpJP(K), M.Kes, FIHA, FICA dan Dita Fakhrana, AHS juga akan tayang live streaming di pukul 13.00-14.00 WIB di laman ini.

Ilustrasi pijak refleksi

6 Fakta Pijat Refleksi Sawangan Depok Digerebek Warga, Ada Mesum!

Sebuah panti pijat refleksi sawangan Depok digerebek warga pada Selasa 11 januari 2022 pada sekitar pukul 19.00 WIB antaran diketahui menjadi tempat prostitusi.

img_title
VIVA.co.id
13 Januari 2022