Minimal Invasif, Operasi Jantung Tanpa Bedah

Ilustrasi Ruang Operasi.
Sumber :
  • Pixabay/ Sasint

VIVA – Sebagai penyakit kronis dengan prevalensi terbanyak di dunia, penyakit jantung atau kardiovaskular memang membutuhkan penanganan medis yang serius. Pasalnya, masalah pada organ jantung itu bisa berakibat sangat fatal dan berisiko tinggi pada kematian.

Awas, Olahraga Berlebih Bisa Ancam Nyawa

Pada penyakit kardiovaskular, masalah utama yang umum terjadi adalah tersumbatnya arteri koroner. Padahal, arteri koroner memiliki fungsi penting memberi makan dan oksigen ke jantung. Jika terjadi penyumbatan atau penyempitan di arteri koroner, maka pasokan darah juga berkurang. Akhirnya, lama kelamaan jantung tidak sehat dan mengalami kerusakan permanen.

"Kasus seperti ini sangat sering terjadi di Indonesia. Sayangnya, orang itu biasanya lebih memilih menerima nasib saja karena takut ke dokter dan dioperasi." kata dr. Wishnu Aditya, Sp. JP (K), FIHA di acara Press Conference RSPI "Solusi Minimal Invasive" di Jakarta belum lama ini.

5 Khasiat Hebat Bawang Merah, Obati Jerawat hingga Cegah Kanker

Kata operasi memang banyak ditakuti masyarakat Indonesia. Pasalnya, bayangan operasi di masyarakat adalah pembedahan besar yang membutuhkan banyak tenaga medis. Padahal, teknologi di bidang medis juga semakin berkembang.

BACA SELENGKAPNYA

Jangan Salah, Udara Dingin Juga Menyehatkan
Ilustrasi operasi.

Keyhole Surgey, Penanganan Baru Kanker Usus Besar

Dengan operasi minim sayatan.

img_title
VIVA.co.id
9 Januari 2019