Ingin Tidur Nyenyak saat Menstruasi? Ini Cara Mudahnya

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Bagi wanita tidur saat menstruasi bagaikan mimpi  buruk. Menstruasi memang dapat mengganggu aktivitas, termasuk tidur. Nyeri atau rasa tidak nyaman selama menstruasi tentunya membuat Anda jadi kurang tidur.

Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Menstruasi membuat tubuh mudah merasa lelah di siang hari dan membuat Kamu menjadi sulit tidur di malam hari. Menurut National Sleep Foundation, sebanyak 23 persen wanita dilaporkan sulit tidur nyenyak seminggu sebelum menstruasi dan 30 persen wanita lainnya mengalami kesulitan tidur selama menstruasi. 

Dikutip dari huffingtonpost, dokter spesialis kandungan di New York, dr. Karen Duncan menyatakan bahwa ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh saat menstruasi sehingga dapat mengganggu tidur, misalnya keseimbangan hormon. Yup, saat menstruasi, suhu tubuh akan meningkat menjadi lebih panas. 

Kiky Saputri Idap Kista Ovarium, Kenali Gejalanya!

Suhu tubuh yang seharusnya menurun menjelang sore justru tidak menurun. Akibatnya, hormon yang merangsang tubuh untuk tidur dan beristirahat pun jadi terganggu. Selain itu, perubahan suasana hati, seperti cemas dan stres saat menstruasi membuat emosi negatif menjadi lebih kuat sehingga membuat Kamu sulit tidur nyenyak.

BACA SELENGKAPNYA

Ramai Seblak Jadi Penyebab Endometriosis, Begini Kata Dokter
Ilustrasi wanita.

Populasi Perempuan yang Alami Menopause Diperkirakan Meningkat

Pada 2030, populasi perempuan di dunia yang mengalami menopause diproyeksikan meningkat menjadi 1,2 miliar, dengan 47 juta perempuan akan memasuki fase ini setiap tahun.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024