Bahayakah Bercinta Dengan Pria yang Belum Disunat?

Ilustrasi pria/laki-laki.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Banyak yang sependapat bahwa sunat terkait dengan perintah agama. Namun di beberapa negara juga ada yang menganjurkan sunat bagi pria karena alasan kesehatan. Bahkan ada pula yang menyebut bahwa sunat juga terkait dengan peningkatan kepuasan seksual saat bercinta.

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Jika benar demikian, seberapa berbahaya sih melakukan hubungan seksual dengan pria yang belum disunat?

Dilansir laman womenshealthmag, sebuah penelitian menyebut bahwa laki-laki yang tidak disunat lebih mungkin untuk tertular infeksi menular seksual. Padahal di lain sisi tingkat sunat yang lebih rendah dapat menyebabkan risiko yang lebih besar.

China Gelar Kompetisi Sunat Online, Diikuti Puluhan Dokter Bedah

Selain itu ada alasan lain kenapa pria dewasa yang belum disunat juga karena kelebihan jaringan kulit di ujung penis yang tidak disunat (di bawah kulup) yang menempel pada penis yang tidak disunat. Hal itu tentunya memicu microtears dan lecet terutama selama aktivitas seksual.  

"Organisme yang menyebabkan IMS (bakteri) dapat terakumulasi di bawah kulup penis, dan ini memungkinkan mereka untuk bertahan hidup di sana lebih lama dan bereproduksi, berpotensi meningkatkan risiko infeksi pada pria atau pasangannya," kata Deborah Nucatola, MD, direktur senior layanan medis di Planned Parenthood Federation of America. 

Baru 2 Hari Sunat Udah Lompat-lompat, Arsya Buat Ashanty Ketakutan

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa kulup mengandung lebih banyak sel yang ditargetkan oleh virus HIV. Oleh karena itu penting untuk memastikan apakah pasangan Anda sudah disunat atau belum untuk memastikan terhindar dari penyakit seks menular. 

Ilustrasi wanita/bercinta.

Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

Jangan lakukan kesalahan atau dosa ini kalau kamu mau hubungan bercinta kamu jadi berantakan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024