Perlukah Gunakan Kondom saat Lakukan Oral Seks?

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Bicara soal seks, semua mungkin sepakat bahwa kondom adalah salah satu cara terbaik agar terhindar dari penyakit seks menular sekaligus mampu mengontrol kehamilan. 

3 Cara Bikin Pasangan Happy di atas Ranjang dan Gak Bosen Sama Kamu

Namun, siapa sangka kondom juga dijadikan proteksi ketika melakukan seks oral? Sebuah penelitian The Journal of American Medical Association pada tahun 2012 mengungkapkan bahwa 3,8 persen wanita dan 10 persen pria memiliki HPV di tenggorokan mereka.

Dilansir Refinery29, Penelitian tersebut juga menyebut bahwa penyakit seks menular lainnya seperti gonorrhea, herpes, chlamydia, sipilis, dan hepatitis B juga sangat mungkin ditularkan lewat seks oral.

Warga Kian Resah Dengan Maraknya Pelacuran di Jalanan Kota Ini

Direktur Asosiasi Kesehatan Sosial Amerika, Fred Wyand menyebut dengan semakin banyaknya bukti yang bermunculan, semakin perlu juga kita membicarakan hal ini dengan serius. 

Ini mengingat sebuah penelitian Universitas Yale yang mengatakan bahwa 70 persen remaja dan 82 persen orang dewasa terlibat dalam seks oral tanpa kondom.

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Karena itu penting untuk mengedukasi masyarakat bahwa ada risiko penyakit dari oral seks tanpa kondom. Dan sebab itu pula penting untuk tetap menggunakan kondom agar terhindar dari penyakit seks menular. 

Ilustrasi wanita/bercinta.

Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

Jangan lakukan kesalahan atau dosa ini kalau kamu mau hubungan bercinta kamu jadi berantakan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024