5 Cara Hentikan Kebiasaan Ngiler saat Tidur

Ilustrasi sakit.
Sumber :
  • Pexel

VIVA – Pernahkah keluar air liur saat tidur? Biasanya orang akan menyebutnya dengan ngiler. 

Penyintas COVID-19 Rentan Alami Gangguan Tidur, Ini Alasannya

Pada bayi hal ini mungkin terjadi karena mereka belum bisa mengontrol mulut atau otot untuk mengunyah. Tapi pada orang dewasa, mengeluarkan air liur saat tidur bisa jadi hal memalukan. 

Penyebab seseorang mengeluarkan air liur cukup beragam. Sebagian besar orang mengalami ini saat tidur. Tapi ada cara untuk menghentikan hal ini jika memang sudah dianggap sangat mengganggu seperti dilansir Medical News Today.

Bernyanyi Atasi Gangguan Tidur pada Pasien Long COVID-19

Mengganti posisi tidur

Jika mengeluarkan air liur saat tidur, mengubah posisi tidur dengan bagian punggung menempel di kasur bisa menjadi solusi tercepat. Bantal juga bisa membantu untuk mendapat posisi yang tepat sepanjang malam. 

Depresi Timbulkan Gejala Sulit Tidur, Simak Cara Mengatasinya

Obati masalah alergi dan sinus

Infeksi sinus dan alergi bisa memicu peningkatan produksi air liur dan hidung tersumbat. Hidung tersumbat bisa menyebabkan orang bernapas melalui mulut, membuat air liur mudah keluar. 

Suntik botox

Suntikan botox biasa digunakan untuk mengobati orang dengan gangguan neurologis. Suntikan botox melumpuhkan otot di area mulut, mencegah fungsi kelenjar ludah. Efek dari suntikan ini akan bertahan hingga enam bulan dan bisa dilakukan berulang.  

Terapi bicara

Tergantung pada penyebab mengeces, seorang dokter mungkin merekomendasikan terapi bicara. Tujuannya adalah untuk meningkatkan stabilitas dan mobilitas rahang. Terapi ini juga bisa membantu orang untuk bisa menutup mulut dengan rapat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya