Bahaya Hipertensi, Penyakit Mematikan Tanpa Gejala

Ilustrasi hipertensi.
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA – Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi perhatian masyarakat di dunia. Bahkan, menurut Mayo Clinic, sekitar separuh dari pengidap hipertensi yang tidak diobati akan meninggal akibat penyakit jantung.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Hal tersebut terkait gangguan pada aliran darah seperti serangan jantung dan sepertiga lainnya dapat diperkirakan meninggal karena stroke. Selain itu, tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala yang terlihat dan tentu saja hal ini menjadi alasan mengapa dokter memeriksanya pada setiap kesempatan.

Meskipun mengetahui bahayanya dan mampu mengontrolnya melalui diet, olahraga, serta bermacam obat yang efektif, hipertensi meningkat di berbagai negara di seluruh dunia. Pada 2015, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa prevalensi hipertensi di antara orang dewasa berusia minimal 18 tahun adalah 20 persen untuk wanita dan 24 persen untuk pria.

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Lebih buruk lagi, hipertensi diperkirakan menjadi penyebab 9,4 juta kematian di seluruh dunia setiap tahunnya. Angka ini adalah 13 persen dari semua kematian dengan penyebab apa pun.

Dikutip dari siaran pers Ajinomoto, Selain menjadi beban berat bagi pasien dan keluarga mereka, hipertensi juga menjadi beban berat bagi masyarakat, yakni dalam bentuk biaya perawatan kesehatan. Di Amerika Serikat, biaya tahunan hipertensi diperkirakan mencapai US$54 miliar.
 
Salah satu negara yang melawan tren ini adalah Jepang, dengan prevalensi hipertensi yang terus menurun sejak tahun 1960-an. Salah satu penyebab tren positif ini diperkirakan adalah perbaikan pada diet, dan terutama, penurunan asupan garam meja atau sodium.

5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib

Semakin banyak sodium dalam tubuh, semakin sulit untuk menghilangkan air berlebih dalam darah. Secara sederhana, ini berarti cairan dalam aliran darah Anda lebih banyak, sehingga tekanan lebih tinggi.

Adapun peran pemeriksaan tekanan darah rutin sangat disarankan untuk menjadi cara pencegahan bahaya kematian akibat hipertensi. Selain itu, medical check up secara rutin juga direkomendasikan agar bisa mengetahui bahaya yang terjadi pada tubuh.

Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024