Lagi Ngetren Minuman Berkolagen, Benarkah Berkhasiat Bagi Kulit?

Minuman segar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA – Saat ini banyak produk makanan dan minuman yang dijual dengan menjanjikan kandungan kolagen di dalamnya. Dikatakan bahwa kandungan kolagen itu mampu membentuk elastisitas kulit lebih lama.

Skincare dengan Kandungan Super Food, Lebih Optimal Menutrisi Kulit

Kolagen sendiri diproduksi secara alami oleh kulit di tubuh. Kolagen di kulit berfungsi untuk menjaga kekenyalan sehingga mencegah penuaan. Lantas bagaimana peran makanan dan minuman berkolagen untuk produksi kolagen di kulit?

"Kebanyakan hanya gimmick. Banyak yang kandungan kolagennya tidak bisa masuk," ujar Spesialis Kulit Kelamin, RS Pondok Indah-Puri Indah, dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK., di kawasan Menteng, Jakarta beberapa waktu lalu.

Bagian Ayam Ini Sering Disepelekan, Zaidul Akbar Ungkap Manfaatnya Bagi Kecantikan Kulit

Dikatakan Kardiana, biasanya tak hanya kolagen di dalam isi produk tersebut. Ada juga tambahan berupa beragam vitamin seperti vitamin c, sehingga menambah kandungan baik di dalamnya.

"Biasanya pasien merasa badannya enakan setelah minum atau makan produk itu karena ada ragam vitaminnya. Kalau pun ada kolagrn di dalamnya, bisa nambah produksi di kulit tapi porsinya kecil," kata dia.

Pria Makin Sadar Pentingnya Merawat Diri di Tahun 2024, Konsumsi Kolagen jadi Pilihan

Untuk merangsang kolagen sendiri secara alami, sebenarnya bisa dilakukan tanpa tambahan bahan kimia. Tidur yang cukup serta minum air putih yang rutin, membuat produksi kolagen tumbuh dengan cepat.

"Selain itu, kalau mau merangsang kolagen, harus prosedur yang targetnya ke bagian kulit itu seperti dengan pemakaian laser." (ren)

Ilustrasi Alpukat.

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Membantu Lebih Cerah dan Lembap

Buah alpukat, dikenal juga sebagai "buah mentega" karena teksturnya yang lembut dan creamy tidak hanya itu, alpukat juga mengandung sejumlah nutrisi untuk kesehatan kulit

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2024