Surat Dokter Cantik untuk Jokowi

Dokter Eno Zthezia menulis surat terbuka untuk Jokowi
Sumber :
  • Facebook/@Eno Zthezia

VIVA – Polemik soal pelaksanaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan masih belum surut. Pengalaman kekecewaan masyarakat soal pelaksanaan BPJS Kesehatan ini bukan hanya dialami oleh kalangan pengguna saja, melaikan juga dokter. 

Berbagi Kebaikan Ramadhan, JEC Hadirkan Layanan BPJS Kesehatan dan Operasi Katarak-Juling Gratis

Salah satunya beredar sebuah surat terbuka yang ditujukan untuk Presiden Joko Widodo. Surat tersebut berisi 'curhatan' seorang dokter tentang rasa kecewanya terhadap pelaksanaan BPJS. Selain surat, dilampirkan juga foto seorang dokter berparas cantik dengan tanda tangan 'Eno Zthezia'.

Berikut ini beberapa tulisannya yang berhasil VIVA kutip.

Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Ajak Pemudik Mampir ke Posko Mudik BPJS Kesehatan

Bekasi, 11 September 2018
Kepada Yth. Bapak Presiden Joko Widodo 

yang merasakan ketidaknyamanan program JKN/BPJS-K:
Dokter dan Dokter Gigi
Perawat
Bidan
Faskes
Karyawab Faskes
Farmasi
Industri Alat Kesehatan
dan Usaha lain yang berhubungan langsung dalam penyelenggaraan. Masihkah Bapak tidak merasa harus peduli memperbaiki kekisruhan ini?

Transformasi Digital Dinilai Memuaskan, BPJS Kesehatan Dianugerahi Penghargaan Istimewa

Kalau saya penasehat Bapak, saya akan lapor: Pak, ini darurat BPJS!

--------

Bekasi, 8 September 2018

Kepada Yth,
Bapak Presiden Joko Widodo

Pak,
apa Bapak tahu saat ini sedang ada permasalahan di bidang kesehatan?

Apa Bapak tau program JKN/BPJS-K membuat banyak ketidaknyamanan berbagai pihak masyarakat, tenaga kesehatan juga fasilitas kesehatan?

--------

Yth. Bapak Presiden Republik Indonesia

Kami para dkter dan tenaga Kesehatan lainnya memang tidak menghasilkan medali apalagi atraksi tontonan sehingga tidak menarik perhatian Bapak, bahkan untuk sekedar bertanya langsung.

Dok, pelayanan kesehatan gratis yang pemerintah bikin apakah berjalan dengan baik di lapangan? Apa sudah sesuai standart pelayanan yang seharusnya diterima rakyat? apa sudah standart profesi kedokteran? apa programnya sudah benar?

Apalagi untuk bertanya:

Ada masukkan dari masyarakat?
Ada masukkan dari dokter? karena kami yang menjalankan di lapangan.

Mungkin Bapak terlalu sibuk dengan berbagai permasalahan esehatan saat ini juga mungkin tidak terlalu menarik walau sudah membuat ketidaknyamanan berbagai pihak? sudah lebih dari 4 tahun. APakah bapak merasa prihatin?

ANDAI SAJA ADA; Asian Medical Games agar Bapak juga sedikit peduli pada kami.

-enozthezia

Setelah ditelusuri, nama dr enozthezia tidaklah asing. Dokter cantik yang akrab dipanggil dr Eno ini diektahui bernama dr Reno Yonora Enozthezia. Belakangan namanya mendadak tenar di media sosial. 

Pemilik akun Facebook Eno Enozthezia Xynta ini kerap menulis kata-kata motivasi hingga cerita inspiratif selama dirinya bertugas. Tak hanya itu, dokter yang dalam Facebooknya ia mengaku bekerja di RS Siloam dan Ikatan Dokter Spesialis Anestesiologi Indonesia ini juga mengupload aktivitas dirinya selama bertugas.

Dalam salah satu videonya ia juga kerap menghadiri pertemuan yang membahas soal BPJS-K dan JKN pada 12 Desember 2017 silam.

"Baru selesai acara diskusi panel, tentang JKN dan BPJS Kasehatan. Tadinya aku berharap banget forumnya, mumpung ada dokter Fahmi Idris, ada Menteri Kesehatan, ada komisi 9, dan Kementerian Keuangan. Tapi sih, banyak yang kecewa forumnya akan menjadi seperti forum yang lainnya enggak ada solusi enggak jelas mau diapain. Jujur yang bisa diandalkan di sini hanya komisi 9 yang mau ngedengrin kita langsung salut sama mas Dede Yusuf walaupun bukan dokter tapi mau mendengarkan kita. Aku berharap sebenarnya forum ini kan forum IDI kita dikasih kesempatan. Sebagian besar enggak pengin bertanya cuma mau solusinya apa sih JKN dan sebagainya tapi untuk kesekian kalinya kita pulang dengan kecewa. kecewa dengan acaranya," ucapnya dalam video tersebut.

Video yang diunggah dan direkam langsung itu ditonton 655 kali. Namun sayangnya hingga kini, VIVA masih belum memperoleh latar belakang valid dokter cantik ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya