5 Kebiasaan yang Memicu Timbulnya Varises

Ilustrasi kaki/kesemutan/varises/ asam urat
Sumber :
  • Pexels/EVG photos

VIVA – Varises pada bagian kaki tentu saja membuat orang merasa tak percaya diri. Kaki yang seharusnya mulus, justru diwarnai dengan garis-garis yang muncul karena tak lancarnya sirkulasi darah dari jantung ke jaringan lainnya dalam tubuh dan sebaliknya.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Penyebabnya bisa beragam, dari masalah usia, kehamilan hingga obesitas. Dilansir dari mayoclinic.org, Senin, 17 September 2018, berikut ini kebiasaan-kebiasaan yang menimbulkan munculnya varises di bagian tubuh.

Berdiri lama

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Berdiri dalam waktu lama akan menempatkan berat badan hanya di satu bagian tubuh saja. Hal ini menyebabkan aliran darah tak lancar dan melemahkan pembuluh darah hingga memicu timbulnya varises.

Duduk lama

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Tak hanya berdiri, duduk terlalu lama rupanya juga menimbulkan varises. Sebaiknya, jika pekerjaan menuntut untuk duduk dalam waktu lama, selingi dengan gerakan lain, atau lakukan peregangan sesekali.

Hak tinggi

Varises juga bisa muncul karena terlalu sering menggunakan hak tinggi. Ini karena aliran darah berhenti sehingga pembuluh darah membesar yang menimbulkan varises di bagian kaki.

Garam

Konsumsi makanan tinggi garam meningkatkan tekanan di pembuluh darah, hingga membuat pembuluh darah membesar, yang akhirnya berkembang menjadi varises.

Menyilangkan kaki

Ternyata kebiasaan sederhana ini juga bisa menyebabkan pembuluh darah membesar karena tekanan di bagian pinggul, hingga akhirnya berkembang menjadi varises spider.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya