Peneliti Sebut Naik Roller Coaster Bisa Atasi Batu Ginjal

Ilustrasi Roller Coaster
Sumber :
  • Pixabay/tpsdave

VIVA – Selama ini ada berbagai cara untuk menghilangkan batu ginjal. Meski terdengar seperti khayalan, tapi cara yang satu ini benar-benar terbukti ilmiah. 

Bersihkan Ginjal dengan Hanya Konsumsi Minuman Alami Ini, Dijamin Racun Keluar Seketika

Sekelompok peneliti baru-baru ini menyebut bahwa menaiki roller coaster ternyata bisa menghilangkan batu ginjal. Mereka menemukan, bahwa guncangan selama perjalanan bisa menghancurkan batu ginjal. 

Dilansir laman Metro, inspirasi di balik penelitian roller coaster dimulai beberapa tahun lalu ketika salah satu pasien Prof David Wartinger di College of Osteopathic Medicine di Michigan State University kembali dari perjalanan liburan ke Walt Disney World di Florida. 

3 Keunggulan Menggunakan Metode RIRS untuk Pengobatan Batu Ginjal

Pasien itu melaporkan bahwa dirinya mengeluarkan batu ginjal setelah menaiki wahana Big Thunder Mountain. Pasien yang tidak disebutkan namanya itu bertanya-tanya apakah ini hanya kebetulan? Lalu ia berusaha membuktikannya dengan beberapa kali menaiki roller coaster, dan alhasil beberapa batu ginjal berhasil keluar.

Dalam penelitiannya, Prof Wartinger membangun sebuah model silikon dari sistem ginjal pasiennya, lengkap dengan batu ginjal palsu. Dia kemudian membawanya dan mencobanya di berbagai wahana untuk memastikan teori tersebut. 

Tips Jalani Pola Hidup Sehat untuk Cegah Sakit Batu Ginjal

Hasilnya, Ia menemukan bahwa beberapa wahana lebih efektif daripada yang lain dalam mengeluarkan batu ginjal. Big Thunder Mountain memang efektif karena melibatkan banyak gerakan naik turun dan dari sisi ke sisi dibandingkan Space Mountain atau Rock and Rollercoaster, yang hanya melibatkan gerakan tubuh yang terbatas.

Meski terkesan efektif, sayangnya penelitian ini belum pada tahap sempurna dan masih dalam tahap uji coba.

Ilustrasi urine.

Ini Dampak Buruk Menahan Buang Air Kecil, Bisa Sebabkan Batu Ginjal

Buang air kecil adalah proses alami yang penting bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, seringkali kita menunda untuk buang air kecil karena berbagai alasan.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024