Waspada Gejala Batu Empedu Sama dengan Maag

Ilustrasi sakit.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA –Batu empedu adalah batuan kecil yang berasal dari kolesterol, dan terbentuk di saluran empedu manusia. Pada hampir sebagian besar kasus, batu empedu ini tidak akan menimbulkan gejala apapun.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Namun, terkadang  batu ini akan menyumbat bagian ujung empedu sehingga akan memicu rasa sakit mendadak yang cukup hebat. Nyeri ini disebut dengan nyeri kolik, dan dapat bertahan selama hitungan jam.

Ukuran batu empedu juga bermacam-macam. Ada yang sekecil butiran pasir dan ada yang sebesar bola pingpong. Jumlah batu yang terbentuk dalam kantong empedu juga bervariasi. Misalnya ada orang yang hanya memiliki satu buah batu dan ada yang lebih banyak. Lalu, apa penyebab seseorang memiliki batu di kantong empedu?

5 Tips Diet untuk Penderita Maag, GERD, dan Asam Lambung

Topik ini akan dibahas secara mendalam oleh dr Agastya Wisnu Wardana, SpPD-KGEH di acara Ayo Hidup Sehat yang tayang di tvOne Rabu, 19 September 2018 pukul 13.00 WIB.

Selain itu, ada pula topik lain yang bakal dikupas tuntas, kali ini oleh Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK, yakni tentang kayu manis. Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan rempah yang bernama kayu manis.

Mitos atau Fakta Konsumsi Obat Lambung Saat Sahur Bikin Puasa Lancar Tanpa Lapar

Kayu manis salah satu rempah yang bentuknya seperti kayu berwarna cokelat kemerahan. Biasanya kayu manis dijadikan campuran masakan atau minuman, karena memang memberi aroma yang khas sehingga banyak yang menyukainya.

Nah, ternyata di samping sebagai campuran masakan dan minuman, kayu manis juga  mengandung banyak sekali mineral penting, dari mulai kalsium, potassium, magnesium, zink, zat besi, mangan dan lainnya.

Kira-kira apa manfaat sehat yang bisa kita dapatkan dari kayu manis jika dikonsumsi secara rutin?

Bersama host dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan Dita Fakhrana, Anda juga bisa menyaksikan Ayo Hidup Sehat di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya