Penderita Diabetes Ternyata Justru Dianjurkan Konsumsi Kayu Manis

Ilustrasi kayu manis.
Sumber :
  • pixabay/gokalpicsan

VIVA – Kayu manis adalah salah satu rempah yang memiliki deretan manfaat kesehatan yang luar biasa. Salah satu di antaranya adalah membantu mengontrol diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Memang hal ini belum diketahui banyak orang. Malah tak sedikit yang menganggap kayu manis tak boleh dikonsumsi penderita diabetes. Padahal kayu manis rasanya tidak manis dan justru membantu para penderita diabetes.

“Pasien diabetes justru disarankan mengonsumsi kayu manis karena itu bisa mengaktifkan yang namanya reseptor insulin, tempat melekatnya insulin di sel. Sehingga gula darahnya bisa masuk ke dalam sel. Jadi insulinnya kerjanya akan lebih aktif,” ucap Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK dalam acara Ayo Hidup Sehat yang tayang di tvOne, Rabu, 19 September 2018.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Namun, untuk mendapatkan manfaat kayu manis tidak bisa dengan mengonsumsinya dalam bentuk masakan yang dimasak menggunakan kayu manis. Tak bisa pula dengan cara merebus kayu manis lalu airnya diminum.

“Kalau untuk pengobatan, enggak bisa direbus, karena saat direbus di atas suhu 70 derajat Celsius, segala manfaat kayu manis akan hilang. Jadi yang bagus dalam bentuk ekstrak atau suplemen,” ujar Samuel.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Ia juga menambahkan bahwa menyantap roti atau kue yang dibuat dengan tambahan kayu manis juga tidak akan memberikan manfaat kesehatan kepada tubuh. Justru asupan tepung, gula dan mentega bisa memberikan dampak negatif pada kesehatan.

“Kalau buat bumbu masak silakan. Kan pemakaiannya enggak banyak. Tapi kalau mau efek pengobatan, lebih baik makannya dalam bentuk suplemen yang dosisnya sudah terukur,” tutupnya.

dr. Roy Panusuan Sibarani, Chief Officer dari Diabetes Initiative Indonesia

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Federasi Diabetes Internasional memperkirakan bahwa 783 juta orang di seluruh dunia akan hidup dengan diabetes pada tahun 2045.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024