Langkah Sederhana Terhindar dari Sirosis Hati

Ilustrasi organ hati.
Sumber :
  • tergemes.com

VIVA – Sirosis adalah kondisi terbentuknya jaringan parut di hati akibat kerusakan hati jangka panjang (kronis). Penyakit ini berkembang secara perlahan dan mengakibatkan jaringan yang sehat digantikan oleh jaringan parut. 

Studi Terbaru, Rempah Ini Ternyata Menyebabkan Kerusakan Hati

Jaringan parut akan menghambat aliran darah yang melewati hati sehingga kinerja hati menjadi terganggu atau bahkan terhenti.

Kerusakan pada hati yang disebabkan oleh sirosis tidak bisa diperbaiki dan bahkan bisa menyebar lebih luas dan menyebabkan hati tidak bisa berfungsi dengan baik. 

Kenali Tanda Awal Kerusakan Hati Akibat Konsumsi Alkohol

Kondisi inilah yang sering disebut dengan istilah gagal hati. Sebelum sirosis menyebabkan gagal hati, perkembangannya berlangsung selama bertahun-tahun. 

Umumnya, penanganan dilakukan hanya untuk memperlambat perkembangan penyakitnya. Lalu bagaimana pencegahan dan penanganan sirosis?

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Spesialis penyakit dalam, dr Irsan Hasan, SpPD-KGEH akan mengupasnya tuntas dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT (AHS) di tvOne Kamis 20 September 2018.

Diapandu dr Vito Damay, SpJP(K), M.Kes, FIHA, FICA dan Dita Fakhrana, AHS juga akan tayang live streaming pukul 13.00-14.00 di laman ini.

Ilustrasi dokter/suster.

Metode Pemeriksaan Penyakit Hati Non Invasif untuk Penderita Hepatitis Hingga Sirosis

Alat ini mengukur kekakuan hati yang secara tidak langsung dikaitkan dengan derajat fibrosis hati. Sehingga, dokter bisa menilai apakah sudah terdapat komplikasi penyakit

img_title
VIVA.co.id
26 Oktober 2023