Pentingnya Pemeriksaan Rutin Pada Mata

Ilustrasi mata
Sumber :
  • Pixabay/Adina Voicu

VIVA – Kesehatan mata sama pentingnya dengan kesehatan organ lain. Karena itu, pemeriksaan rutin juga harus dilakukan. Menurut dr. Astrianda N. Suryono, SpM(K) dari Rumah Sakit Cipto Mangungkusumo, pemeriksaan rutin ini lebih penting lagi dilakukan oleh mereka yang sudah berusia 40 tahun ke atas.

Lama Sendiri, Cathy Sharon Bicara Kriteria Pasangan

"Apalagi kalau ada riwayat gangguan penglihatan berat," ujar Tria saat ditemui di sebuah acara di Jakarta.

Selain itu, pasien dengan diabetes juga harus waspada karena ada komplikasi mata. Pasien yang punya riwayat glaukoma atau penyakit-penyakit berkaitan dengan penglihatan juga wajib melakukan pemeriksaan rutin.

Kelakar Idris Masuk Bursa Bakal Cagub Jabar: Siapa yang Melamar, Harus Bayar Saya

Jika di keluarga juga punya riwayat penyakit sistemik, maka kemungkinan besar bisa memicu komplikasi pada mata. Umumnya, gangguan ini tidak memberikan gejala sampai akhirnya sudah lanjut.

"Karena itu deteksi dini sangat dianjurkan," imbuh Tria.

Soal Foto Kopi Pro Israel, Zita Anjani Singgung Boleh Mengingatkan Tapi Tidak Menghakimi

Tria melanjutkan, pada anak juga penting dilakukan pemeriksaan mata. Terutama anak-anak yang belum pernah melakukan pemeriksaan sebelumnya. Karena anak-anak umumnya tidak mengeluhkan gangguan penglihatan hingga gangguan itu sudah besar seperti minus 4 atau 5.

"Untuk orangtua dianjurkan pemeriksaan satu tahun sekali, karena katarak semakin lama akan semakin menebal," saran Tria.
 

Ilustrasi mata.

Periksa Mata 6 Bulan Sekali Bisa Deteksi Katarak

Selain itu juga mampu deteksi retinopati diabetika, dan glukoma.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2017