Menguak Manfaat Teh Murni untuk Kesehatan

Ilustrasi teh.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA – Meminum teh sudah menjadi bagian dari tradisi bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di beberapa negara di kawasan Asia. Bukan hanya sebagai jamuan minuman untuk tamu, ternyata tradisi minum teh ternyata dapat menjaga kesehatan tubuh.

SKENA Jadi Ajang Berbagi Wawasan Bagi UMKM

Hal tersebut dikemukakan oleh Tea Master asal Indonesia, Suwarni Widjaja. "Kesehatan bagus, saya minum teh beberapa cangkir dalam sehari bisa menjaga kesehatan bukan untuk pengobatan. Waktu itu saya belajar di Taiwan. Setiap pagi saya melihat petani teh mencoba teh dan mereka sehat," kata Suwarni saat ditemui di Kopi Oey Jakarta Pusat, Senin 24 September 2018.

Dia melanjutkan, beberapa teh murni tanpa campuran gula diketahui sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan. Sebut saja, teh oolong yang berfungsi untuk membantu metabolisme tubuh. Sementara itu, untuk pu'er tea yang berfungsi menjaga kolesterol dan membantu menghancurkan lemak.

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

"Kalau yang makan gorengan, pu'er untuk menghilangkan kolesterol dan menguraikan lemak," jelas dia.

Selain itu, pada ribuan tahun lalu golongan teh hitam pun digunakan sebagai obat masuk angin dan badan enak.

Mitos atau Fakta Minum Teh Saat Berbuka Puasa Bisa Merusak Ginjal

"Kalau dulu belum ada obat minum teh ditambahkan dengan jahe," jelas dia.

Bukan hanya itu, teh murni pun diketahui dapat membersihkan plak di gigi dan bau napas yang tidak sedap.

"Jadi untuk membersihkan plak di gigi ketika minum teh jangan langsung ditelan tapi didiamkan dulu agar gusi terisi teh, sehingga bisa menghilangkan plak dan bau napas," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya