Buah Manggis Bisa Sembuhkan Luka, Mitos atau Fakta

Ilustrasi buah manggis.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Buah manggis belakangan ini banyak dipromosikan karena diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, jika dikonsumsi dengan benar. Kandungan antioksidan pada buah tersebut membantu untuk menyingkirkan radikal bebas dari dalam tubuh.

Chenle NCT Langsung Makan Manggis Setibanya di Indonesia

Berbagai macam suplemen buah manggis pun kini mulai banyak dipasarkan. Tak hanya dalam bentuk suplemen, saat ini juga banyak diproduksi manfaat buah manggis dalam bentuk teh. Lantas, bagaimana khasiat buah manggis jika telah diolah dalam bentuk teh?

"Kandungan oksidannya masih ada, tapi baiknya dikonsumsi secara langsung. Cuma balik lagi, kalau ingin memanfaatkan untuk tujuan pengobatan masih perlu dipertimbangkan. Sebab sebagian besar penelitian yang melibatkan buah manggis baik kulit maupun buah, masih terbatas pada tahap hewani," kata Spesialis Dermatologi Klinik, dr. Lonah, SpF seperti dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin, 24 September 2018.

10 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan yang Juga Baik untuk Kulit

"Jadi tetap untuk pasien yang sakit lebih baik mengonsumsi sesuai resep dokter, ini hanya sebagai tambahan dan suplemen," tuturnya.

Selain mengandung antioksidan yang tinggi, buah manggis memiliki zat aktif yaitu xanthone yang sudah terkenal. "Selain memiliki manfaat antioksidan, juga manfaat anti inflamasi dan antibakteri. Namun, ketiga manfaat tersebut belum dibuktikan pada manusia. Pada penelitian in vitro maupun penelitian in vivo atau penelitian preklinim sudah dibuktikan, tetapi pada manusia belum," katanya.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Maraknya mitos yang beredar jika mengonsumsi buah manggis dapat menyembuhkan luka, benarkah?

"Ini terkait kandungan manggis yang mengandung antioksidan. Namun, kita tahu penyembuhan luka itu bisa dilakukan dengan beberapa faktor. Pertama itu kondisi lukanya sendiri, yang kedua keadaan fisik seseorang, usia juga memengaruhi proses penyembuhan luka,” tuturnya. 

Selanjutnya adalah status gizi seseorang, apakah orang tersebut cukup gizi atau kurang gizi. Lalu, penyakit yang diderita dari seseorang sangat bervariasi.

"Jadi kalau dikatakan manggis untuk penyembuhan luka itu sepertinya belum bisa," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya