Biarkan Makanan di Suhu Ruang Lebih dari 2 Jam Picu Tumbuhnya Bakteri

Makanan rendang ayam khas Indonesia
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA – Masakan rumahan selalu disebut-sebut lebih sehat dengan pengolahan yang cukup aman. Namun, siapa sangka, makanan rumah tangga bisa menjadi sumber keracunan makanan paling sering terjadi.

Geger Seorang Wanita Tewas Akibat Keracunan Roti, Kok Bisa?

Data dari Kemenkes RI, 36 persen Kejadian Luar Biasa (KLB) Keracunan pangan terjadi dari dalam rumah. Hal ini dipicu oleh cara penyimpanan yang kurang tepat.

"Menurut WHO, makanan matang berisiko (daging,ayam,ikan), tidak boleh disimpan lebih dari 2 jam dalam suhu ruangan. Sebab, bakteri bisa berkembang biak dan bisa tumbuh dengan mudah setelah durasi 2 jam itu," ujar Pakar IPB, Prof Dr Ir Harsi Dewantari, dalam peringatan Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia, di Gedung Kemenkes RI, Jakarta, Rabu, 26 September 2018.

Jangan Sembarangan Makan Roti Berjamur, Ini 3 Bahayanya Bagi Tubuh

Terlebih, Indonesia merupakan negara yang sangat rentan karena termasuk di suhu tropis. Di suhu tropis yang berkisar antara suhu 25 derajat celsius, memberi waktu pada bakteri untuk lebih cepat berkembang.

"Makanya siasati dengan langsung memasak sebelum makan. Misal, sudah siapkan bahan-bahannya dulu, menjelang waktu makan, baru dimasak," kata dia.

Viral Mahasiswa Tewas Gegara Sindrom Nasi Goreng, Apa Itu?

Prof Harsi juga menyarankan, porsi yang dimasak tak terlalu berlebihan agar tidak ada yang terbuang. Ia menambahkan, waktu maksimal dalam membiarkan makanan matang di suhu ruangan yaitu 4 jam.

"Setelah 2 jam, kuman perusak makanan itu akan mulai bekerja, makanya bau makanan sudah agak berubah dan gizinya juga menurun. Untuk perut Indonesia, bolehlah paling maksimal makanan matang dibiarkan 4 jam."
 

Ilustrasi: Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia

Terungkap, Lee Zii Jia Mundur dari Indonesia Masters 2024 Gegara Keracunan Makanan

tunggal putra Malaysia Lee Zii Jia mundur dari turnamen Indonesia Masters 2024 karena diduga keracunan makanan.

img_title
VIVA.co.id
27 Januari 2024