Kedelai Baik untuk Perkembangan Otak, Ini Faktanya

Ilustrasi kacang kedelai.
Sumber :
  • Pixabay/Jing

VIVA – Kedelai menjadi salah satu jenis atau varietas kacang-kacangan terbaik. Hal ini lantaran kandungan kedelai yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Viral Pria ini Buat Natto Sediri Dalam Jumlah Banyak

Ahli kedelai dari Institute Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Made Astawan menjelaskan beberapa kandungan penting di dalamnya mulai dari protein, mineral, asam lemak tak jenuh, isoflavon, prebiotik dan serat pangan. 

"Kandungan protein dalam kacang kedelai itu 38 persen, mengapa para biksu mengganti menu daging mereka? Karena kedelai itu tinggi akan protein dan seraea dengan daging ikan dan susu," kata dia kepada VIVA dalam acara peresmian Pabrik SOYJOY di Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. 

Ini Hal Terpenting untuk Menunjang Keberhasilan Terapi Kanker

Dia melanjutkan bukan hanya itu saja, kedelai juga mengandung 18 persen minyak baik. Minyak tersebut mengandung omega enam sebagai pembentuk energi dalam tubuh dan omega tiga yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh, mengendalikan peradangan hingga perkembangan otak. 

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa kandungan baik lainnya yang adalah kandungan karbohidrat yang tidak larut sehingga membantu meningkatkan rasa kenyakan dan menjaga kekenyangan lebih lama. 

Bahan Ini yang Bisa Buat Kulit Wajah Lebih Terawat

"Indeks glikeminya yang rendah itu sehingga membuat kenyang lebih lama.  Selain itu juga meningkatkan toleransi glukosa dan insulin," lanjut dia. (ren)

Kacang kedelai

Anti Kanker Hingga Penderita Insomnia, Inilah 5 Manfaat Kedelai

Kacang kedelai sering kali masuk ke dalam menu diet untuk pengganti daging. Ternyata tersimpan segudang manfaat kedelai.

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2022