Cegah ISPA pada Musim Pancaroba

Ilustrasi bersin.
Sumber :
  • pixabay/publicdomainpictures

VIVA – Musim pancaroba sedang melanda beberapa wilayah di Indonesia. Yup, peralihan dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya ini memang sering kali ditandai dengan angin kencang, hujan secara tiba-tiba dalam waktu singkat, udara yang terasa panas, dan arah angin yang tidak teratur.

Waspada Pneumonia pada Anak, Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat

Perubahan cuaca yang tidak menentu saat musim pancaroba membuat perkembang biakan virus dan bakteri penyebab penyakit terjadi sangat cepat, akibatnya tubuh menjadi sangat rentan terinfeksi. Nah, salah satu jenis penyakit yang seringkali dialami saat musim pancaroba adalah ISPA atau Infeksi saluran Pernapasan Akut.

Mengapa ISPA rentan menyerang saat musim pancaroba?

Selain Pneumonia, Musim Hujan Masyarakat Diminta Waspada Demam Berdarah Hingga ISPA

Seperti namanya, ISPA merupakan jenis infeksi yang menyerang saluran pernapasan atas, di antaranya sinus, saluran hidung, faring, dan laring. Sebagian besar ISPA disebabkan oleh infeksi virus seperti Rhinovirus dan Streptokokus.

Namun, terkadang ada pula ISPA yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti dari kelompok pnemumokokus. Untuk ISPA yang disebabkan oleh infeksi bakteri biasanya akan menimbulkan gejala lebih berat sehingga membutuhkan pengobatan dengan antibiotik.

Musim Panas Picu Polusi Meningkat, Awas Bahaya ISPA Kian Mengintai

BACA SELENGKAPNYA

(ren)

Pemudik Mulai Tiba di Stasiun Kejaksan Kota Cirebon (ilustrasi)

Imbauan PB IDI Agar Mudik dan Liburan Tetap Sehat di Musim Pancaroba

PB IDI mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan lakukan sejumlah persiapan dan pencegahan sebelum perjalanan baik liburan ataupun lainnya di musim pancaroba

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024