Logo ABC

Stigma Laki-Laki Lebih Jago dalam Pelajaran Eksakta Rugikan Perempuan

stem
stem
Sumber :
  • abc

Sebuah penelitian baru yang menunjukkan bahwa anak perempuan sama baiknya dengan siswa laki-laki dalam mata pelajaran sains, teknologi, teknik dan matematika membantah asumi bahwa anak perempuan cenderung tak melanjutkan mata pelajaran eksakta itu di sekolah karena mereka tak mampu.

Perempuan masih sangat kurang terwakili di bidang eksakta, dan ada angka keabsenan perempuan yang besar dalam mata pelajaran tersebut di sekolah.

Tetapi sebuah penelitian oleh UNSW, yang menunjukkan bahwa anak perempuan dan laki-laki sama baiknya di bidang itu, akan membuat lebih banyak anak perempuan menikmati mata pelajaran eksakta di sekolah, universitas dan seterusnya.

"Kami melihat seluruh spektrum orang yang bekerja di sains dan teknologi dan kami melihat bias gender yang kuat di sana," kata Profesor Emma Johnston, Dekan Sains di Universitas New South Wales (UNSW), serta Presiden Sains dan Teknologi Australia.

"Kami ingin menjelaskannya, karena jika kami bisa menjelaskan dan memahaminya, maka mungkin kami bisa memperbaiki situasi dan mengurangi bias tersebut."

Studi yang dipublikasikan pada hari Rabu (26/9/2018) di jurnal Nature Communications ini mengamati nilai akademik dari 1,6 juta siswa, mulai dari kelas 1 SD hingga universitas, dalam mata pelajaran eksakta dan non-eksakta.

Profesor Johnston mengatakan hasilnya menimbulkan pertanyaan tentang mengapa begitu sedikit perempuan yang bekerja di bidang eksakta dibandingkan dengan laki-laki.