Tips Membeli Kursi Kerja yang Aman Bagi Kesehatan Tulang Belakang

Ilustrasi karyawan bekerja.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bagi para milenial, bekerja bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Karenanya memiliki ruang kerja sendiri di rumah menjadi bagian penting untuk meningkatkan produktivitas. Namun, bekerja di rumah juga ada sisi buruknya, konsekuensi yang didapat adalah masalah kesehatan.

Sebelum Meninggal Dunia, Babe Cabita Disarankan Transplantasi Tulang Belakang, Kenapa?

Berjam-jam duduk di balik meja komputer adalah hal yang berbahaya. Apalagi jika tidak dibarengi dengan kegiatan yang 'bergerak'. Beragam penyakit tak hanya kesehatan mata, namun yang terpenting adalah bahaya pada tulang belakang Anda.

Dokter spesialis orthopedi Dr. dr. Luthfi Gatam, Sp.OT(K)-Spine mengatakan bahwa tulang belakang merupakan area paling penting dalam tubuh. Selain menyangga seluruh tubuh, saraf-saraf pada tulang belakang langsung terhubung ke otak. Karenanya, nyeri dan cidera pada tulang belakang sebaiknya sebisa mungkin dihindari.

Waspada, Pegal Bisa Jadi Gejala Utama Skoliosis

Salah satu solusi menghindari penyakit tulang belakang adalah mencari model kursi yang tepat dan nyaman digunakan di ruang kerja.

Mengomentari hal ini, Frencesca Hermijanto selaku Vice President Technicgroup mengatakan soal pentingnya memilih kursi kerja yang baik.

Sering Duduk Terlalu Lama? Hati-hati, Ini Bahaya yang Mengintai Anda

"Kursi terbaik itu adalah kursi yang bisa menyanggah tubuh kita dengan benar. Dan tidak menimbulkan rasa sakit saat diduduki. Pastikan bangku yang Anda pilih itu ergonomis," kata saat berbincang dengan VIVA Kamis 27 September 2018.

Apalagi jika Anda memiliki riwayat sakit pinggang, Ia menyarankan sebaiknya segera mencari kursi yang aman untuk pinggang Anda.

"Orang sakit pinggang pasti akan sulit duduk terlalu lama, biasanya orang itu duduk 2-4 jam dalam satu hari. Untuk itu baiknya cari tempat duduk yang benar-benar pas dan baik untuk kesehatan tubuh dan pinggang. Semuanya, kursi dan meja harus disesuaikan dengan tubuh ya, bukan tubuh yang menyesuaikan dengan meja dan kursi," katanya.

Ia menambahkan, bahwa saat ini mencari furniture dengan desain yang mendukung gaya hidup sehat sudah cukup banyak. 

"Jaman sekarang itu kan it's all about health untuk diri sendiri. Furniture untuk kesehatan itu ada beberapa,  (cukup banyak).

Lebih lanjut ia memberi tips bagaimana memilih furniture "Pokoknya harus diperhatikan betul. Ciri-ciri yang bisa dirasakan salah satunya saat Anda duduki itu nyaman. Dan jika duduk berjam-jam tubuh Anda tidak lelah dan sakit. Intinya cari bangku yang baik untuk pinggang," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya