Ternyata Dark Chocolate Juga Punya Sisi Merugikan untuk Kesehatan

Ilustrasi makan cokelat.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVA – Cokelat adalah makanan atau minuman yang berasal dari biji cocoa. Biasanya cokelat sering dijadikan camilan atau bahan campuran makanan.

Makanan Manis Ini Ternyata Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

Cokelat cukup populer di banyak negara. Belakangan penelitian tentang cokelat banyak dilakukan. Tidak sedikit yang menyebut bahwa cokelat memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Ada dua jenis cokelat yang dikenal secara umum, yakni cokelat pekat (dark chocolate) dan cokelat susu (milk chocolate). 

6 Minuman Segar dan Alami ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

Cokelat pekat dianggap lebih sehat dibanding cokelat susu, karena lebih tinggi kandungan antioksidannya, dan lebih sedikit kandungan gula serta lemaknya. Selain itu, kandungan flavanol dalam cokelat pekat juga lebih banyak dibandingkan cokelat susu.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa cokelat bermanfaat untuk menghindari penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). Hal itu dikarenakan efek yang bisa didapatkan dari cokelat terhadap kesehatan, antara lain menurunkan tekanan darah, meningkatkan HDL (high-density lipoprotein) yang juga dikenal sebagai kolesterol baik. Menurunkan LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat, mencegah diabetes hingga meminimalkan komplikasi dari darah tinggi.

VIDEO: Wajib Tahu, Lakukan dan Konsumsi Ini agar Tak Mudah Lupa

Studi lain menemukan bahwa cokelat pekat yang dikonsumsi dapat mengurangi sindrom kelelahan kronis yang dialami tiap hari.

Meski banyak penelitian yang menyebut bahwa cokelat pekat memiliki manfaat baik namun ternyata cokelat juga punya sisi merugikan misalnya memicu timbulnya jerawat dan memperburuk jerawat yang sudah ada. 

Rasa cokelat yang nikmat juga tidak jarang diyakini masyarakat dapat menyebabkan adiksi atau ketagihan. Selain itu, kokoa di dalam cokelat juga mengandung kafein, yang bisa menimbulkan efek samping berupa rasa gugup, hingga migrain, benarkah?

Menjawab hal itu, spesialis gizi klinis dr. Marya Haryono Sp.GK akan membahasnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT di tvOne Jumat 28 September 2018 pukul 13.00-14.00 WIB.

Jika Anda tak sempat menyaksikannya di layar kaca, AHS juga akan tayang live streaming di laman ini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya