Sakit Kepala Usai Konsumsi Daging Kambing, Tanda Kolesterol Tinggi?

Ilustrasi daging kambing.
Sumber :
  • Pixabay/Meditations

VIVA – Daging kambing seringkali diolah dengan berbagai bumbu khas nusantara yang menggugah selera. Tak heran, sajian dengan daging kambing, selalu menjadi primadona di masyarakat.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Hanya saja, banyak opini yang mengatakan bahwa konsumsi daging kambing sebaiknya tak berlebihan. Apalagi, jika suka merasa sakit kepala dan nyeri di area tengkuk, itu pertanda bahaya pada kadar kolesterol tubuh.

"Banyak mitos yang selalu dikeluhkan pasien saya, kalau habis makan daging kambing katanya sakit kepala dan leher. Itu sebenarnya bukan karena kolesterol tinggi, hanya kebetulan saja," ujar spesialis jantung, dr. Vito Anggarino Damay,SpJP(K),M.Kes,FIHA,FICA, kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Dokter Vito menjelaskan bahwa kolesterol tinggi tak bisa semudah itu ditentukan dengan gejala yang sangat umum tersebut. Namun, terdapat salah satu gejala yang berpeluang besar menandakan kolesterol tinggi dalam tubuh.

"Lihat di bagian mata yang harusnya putih, menjadi berwarna kuning. Ini gejala yang paling bisa diukur, tapi memang tidak selalu pada semua pasien," kata dia.

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

Untuk itu, ia menuturkan pentingnya melakukan cek kadar kolesterol pada tubuh. Tidak sekadar kolesterol yang dicek dengan tusuk jari, tapi seharusnya dengan berpuasa.

"Cek kolesterol setelah berpuasa itu lebih meyakinkan. Baiknya usia 20 tahun sudah rutin cek kolesterol," terangnya.
 

Ilustrasi kolesterol tinggi

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya

Kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh namun dalam jumlah yang terbatas, apabila kadar kolesterol terlalu tinggi maka akan menjadi bumerang dan menimbulkan masalah.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024