Inilah Penyebab Sensasi Rasa Logam di Lidah

Ilustrasi lidah.
Sumber :
  • Pixabay/1045373

VIVA – Pernahkah Anda merasa seperti ada sensasi logam di mulut terutama di lidah? Gangguan fungsi indera pengecap ini dalam dunia medis disebut sebagai disgeusia. Pada beberapa kasus, distorsi rasa yang terjadi kadang bercampur aroma tidak sedap seperti bau busuk dan tengik. Berbicara tentang penyebabnya, rasa logam di mulut sering dikaitkan dengan makanan yang Kamu konsumsi. 

Kaget Adegan Ciuman Sama Nikita Mirzani, Baim Wong: Dianya Main Lidah

Sistem kerja indera penciuman dan indera pengecap yaitu hidung dan lidah memang saling berhubungan. Jika ada sensasi bau di lidah, maka bisa dikatakan ini hal yang wajar. Namun, selain makanan, kondisi ini bisa juga lho, timbul akibat adanya masalah kesehatan tertentu. Apa saja ya kira-kira?

1. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Ngeri, Lidah Pria Ini Hijau dan Berambut, Begini Penjelasan Dokter

Penyebab paling umum dari munculnya sensasi logam di lidah adalah obat-obatan. Antibiotik, antihistamin, suplemen vitamin, serta obat penurun tekanan darah dikenal sebagai sejumlah obat yang menimbulkan efek samping ini, sebagaimana dikutip dari Medical News Today. Menurut dr. Lisa Lewis, seorang dokter anak di Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, residu zat dari obat-obatan tersebut, keluar melalui air liur. Hasil akhirnya menyisakan rasa logam di mulut.

"Umumnya, suplemen yang banyak mengandung zat besi, kromium, kalsium, dan seng dapat mencetus rasa logam di mulut," kata dr. Lewis. Ia menambahkan, begitu pula dengan obat antibiotik dan obat jantung. Bahkan, rasa logam yang muncul di mulut, biasanya ikut bercampur aroma tak sedap.

Ngeri, Lidah Pria Ini Jadi Hijau Berbulu Karena Kebanyakan Merokok?

BACA SELENGKAPNYA

Kartika Putri

Wajah Kartika Putri Penuh Luka Melepuh! Netizen Heboh!

Kabar kurang menyenangkan datang dari Kartika Putri. Melalui unggahannya di, Kartika Putri memperlihatkan sejumlah area wajahnya mengami luka seperti melepuh

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2024