Solusi Atasi Insomnia Ternyata Enggak Ribet, Begini Caranya

Ilustrasi pria.
Sumber :
  • pixabay/pexels

VIVA – Banyak tips bagi seseorang yang punya masalah sulit tidur, mulai larangan menggunakan ponsel alias gawai sebelum tidur, mengenakan piyama yang nyaman, menggunakan aroma terapi, dan banyak cara lainnya. Tapi ternyata tidak perlu seribet itu untuk mengatasi masalah sulit tidur atau insomnia.  

Anies Baswedan Ungkap Alasan Khusus Kerap Mengenakan Kemeja Putih

Jika Anda sudah lelah mencoba berbagai tips namun masih tetap mengalami insomnia, cobalah tips yang disampaikan Dr. Martha Cortest. Dia adalah dokter gigi dengan sub spesialis masalah sulit tidur karena pernapasan.

Cortes menyarankan untuk melakukan kegiatan menulis dibanding berbaring di tempat tidur saat mengalami kesulitan tidur. Menurutnya, perilaku kreatif, seperti menuliskan apa yang dipikirkan, entah itu hal acak yang terlintas atau hanya ingin menulis hal yang akan dilakukan akan membantu otak dalam mode santai.

Teringiang-Ngiang Warga Palestina, Ashanty Jadi Susah Tidur, Takut Kena Bom

"Menulis dengan pena dan kertas justru membantu orang cepat tidur," kata dia, seperti dilansir dari Purewow.  

Sementara jika menulis di ponsel atau komputer justru bisa kontraproduktif dan membuat mata sulit terpejam. Bahkan, bisa membuat Anda menjadi tidak mengantuk. Tapi jika memang harus menggunakan komputer, Cortes merekomendasikan menggunakan pelindung layar blue-light.

Misi Mulia Bantu Anak-anak Buta Huruf, Eko Cahyono Dirikan Perpustakaan Gratis
Ilustrasi obat/vitamin.

Ternyata Ini Efek Samping dan Bahaya Sering Konsumsi Obat Tidur

Obat tidur memang dapat membantu masalah tidur untuk jangka pendek. Namun, penting untuk memahami bahwa untuk jangka panjang, mengonsumsi obat tidur memiliki efek samping

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024