Menopause Juga Bisa Orgasme, Begini Caranya

Ilustrasi seks.
Sumber :

VIVA – Menopause menandai berakhirnya siklus menstruasi wanita. Banyak perubahan pada fisik maupun emosional wanita di masa menopause yang disebabkan berkurangnya produksi hormon estrogen. 

Terpopuler: Seks di Pagi Hari untuk Dapat Keturunan hingga Negara Termurah Buat Dikunjungi

Salah satu perubahan yang nyata, terkait menopause ini adalah aktivitas di tempat tidur bersama pasangan. "Berkurangnya estrogen menyebankan dinding vagina menjadi tipis, kering, dan kehilangan elastisitasnya. Sekitar 50-70 persen wanita mengalami hal ini pasca menopause," kata dr. Lauren Streicher, penulis buku Rx: Hormones, Health, and Your Best Sex Ever.

Hubungan seksual sudah pasti terganggu. Nyeri dan tidak nyaman saat penetrasi, adalah keluhan tersering wanita menopause. Namun, bukan berarti ini menjadi akhir dari kehidupan seks wanita. 

4 Posisi Seks Aman, Anti Nyeri Buat Pasangan yang Punya Penis Ukuran Jumbo

Dengan informasi yang tepat, sekitar 80 persen wanita yang memiliki masalah dengan seks setelah menopause, dapat kembali menikmati hubungan seksual yang menyenangkan. Jadi penting bagi wanita untuk mengetahui tentang perubahan yang terjadi pasca-menopause agar segera mencari solusi tepat jika menemui masalah.
 
Agar seks bebas dari rasa sakit

Vagina yang kering dapat membuat gesekan menyakitkan selama berhubungan seks. Sekitar 45% wanita mengalami hal ini. Ada solusi mudah untuk masalah ini, yakni menggunakan cairan pelumas saat berhubungan intim. Pelumas terbaik adalah pelumas silikon, yang sangat licin dan bertahan lebih lama daripada pelumas berbahan dasar air.

Seks di Pagi Hari Lebih Mudahkan Pasangan dapatkan Keturunan?

BACA SELENGKAPNYA

ilustrasi organ intim/vagina/ keputihan

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Masih banyak wanita yang mengalami masalah kewanitaan, seperti infeksi saluran kemih maupun problem di area vagina. Beberapa masalah lain di antaranya vaginitis atrofi.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024