Santai di Taman 15 Menit Bisa Bikin Bahagia

Ilustrasi taman
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sebuah hasil studi menunjukkan rata-rata waktu yang dihabiskan masyarakat Indonesia dalam menggunakan media sosial setiap harinya mencapai 3 jam 23 menit. Hal ini tentu meningkatkan kebutuhan akan ruang terbuka hijau seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin dipengaruhi oleh penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Gak Nyangka, Ternyata Gen Z Punya Karakter Mulia Ini

Florence Williams dalam bukunya yang berjudul The Nature Fix (2017) menjabarkan sejumlah penelitian terkait manfaat melakukan aktivitas di ruang terbuka hijau, salah satunya mengungkapkan bahwa berada di taman hanya selama 15 menit dapat membuat kita merasa lebih bahagia.

Bahkan, dapat mengurangi aliran darah ke bagian otak yang terasosiasi dengan pemikiran negatif, sehingga membantu kita untuk bisa berpikir secara positif.

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Taman Bermain

"Beraktivitas di taman terbuka hijau sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan mental," kata Psikologi Sosial, Dr. Juneman Abraham, S.Psi. dikutip dari siaran pers Taman Kita OREO, Rabu 3 Oktober 2018.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Ciri-ciri taman yang baik adalah yang memiliki rancangan lingkungan untuk berinteraksi dengan orang lain dari latar belakang sosial-ekonomi yang beragam, menumbuhkan rasa kebersamaan antar warga dan pengguna, serta menunjang berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.

"Di saat virtualitas merajalela dalam kehidupan dewasa ini, kehadiran taman terbuka hijau tetap menawarkan kedalaman berinteraksi yang sudah semakin langka akibat komunikasi yang dangkal dan sarat akan pencitraan, terutama di dunia maya," lanjut dia.

Salah satu fasilitas di ruang terbuka yaitu Taman Kita OREO di taman Heulang, Bogor. Dikatakan Head of Biscuit, Mondelez Indonesia, Maggie Effendy, Taman Kita OREO dibuka karena menyadari tingginya penggunaan teknologi dapat membuat komunikasi antar masyarakat menjadi ‘semu’ atau sebatas di dunia maya.

"Fasilitas yang mendorong sosialasi nyata dibutuhkan untuk menjaga keakraban masyarakat," ujarnya.

Beberapa sarana utama di Taman Kita OREO antara lain area permainan Twist (Putar), Lick (Jilat), Dunk (Celup) yang dapat dimanfaatkan untuk segala usia. Selain itu, terdapat pula berbagai fasilitas penunjang lain seperti arena bersantai dan interactive jogging track yang mendorong masyarakat untuk berinteraksi langsung sambil berolahraga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya