Waspada Barodontalgia, Nyeri Gigi saat Diving

ilustrasi menyelam.
Sumber :
  • pixabay/Lucken

VIVA – Kamu berencana menekuni hobi menyelam alias diving? Jangan lupa cek ke dokter gigi dulu! Lho, memang apa hubungannya antara menyelam dan dokter gigi? Ternyata, menyelam membutuhkan cukup banyak persiapan.

Bagikan Edukasi Seputar Diving, Pengacara Cantik Asal Filipina Ini Ketagihan Jadi Konten Kreator

Tidak sekadar kemampuan bertahan dalam air dengan oksigen terbatas, kondisi kesehatan fisik yang prima, tetapi juga harus memastikan kesehatan gigi. Kamu tidak boleh memiliki satu pun gigi berlubang jika ingin menyelam!

Dikutip dari Livescience, sebuah survei yang pernah dilakukan pada penyelam rekreasi pemula menemukan bahwa 41 persen dari mereka melaporkan masalah gigi saat menyelam. Sebagian besar masalah berkaitan dengan rasa sakit akibat peningkatan tekanan di bawah air atau nyeri akibat mencengkeram pengatur udara terlalu ketat di mulut mereka.

Cara Jaga Kesehatan Gigi Selama Ramadhan ala Orang Arab Saudi, Pakai Siwak yang Kaya Manfaat

Yang lebih ekstrem lagi, beberapa orang kehilangan mahkota gigi tiruan yang terlepas, tambalan menjadi retak, bahkan hancur.  Pemimpin penelitian, Vinisha Ranna dari Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Buffalo, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa setiap orang harus memastikan gigi mereka dalam kondisi yang baik sebelum menyelam.

Dinda Hauw dan Rey Mbayang

Rey Mbayang Nyaris Meninggal saat Diving di Papua, Tabung Oksigen Bocor dan Kejang-kejang

Beberapa waktu lalu, Rey Mbayang berbagi cerita tentang perjalanan liburannya bersama Dinda Hauw di destinasi eksotis Raja Ampat, Papua, tapi ada satu kejadian menakutkan

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024