55 Ribu Jiwa Terkena Rabies Setiap Tahun di Seluruh Dunia

Ilustrasi vaksinasi anjing cegah rabies
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA – Hingga saat ini rabies masih menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Bahkan kematian akibat rabies pada manusia mencapai 100 orang per tahun, yang sebagian besar menimpa anak-anak. Sedangkan di dunia, rabies merenggut nyawa 55.000 jiwa manusia per tahun.

22 Warga Padang Positif Rabies Usai Diserang Anjing

“Rabies adalah penyakit paling mematikan di dunia dengan tingkat kematian 99,9 persen setelah gejala klinis muncul,” kata Kasubdit Zoonosis Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonosis (P2TVZ) Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI dr. Endang Burni Prasetyowati, M.Kes, seperti dikutip dalam rilis yang diterima VIVA, Kamis, 4 Oktober 2018.

Selama periode 2011 hingga 2017, ada lebih 500.000 kasus Gigitan Hewan Penular Rabies (GHPR) yang dilaporkan di Indonesia dan sebanyak 836 kasus positif rabies. Kawasan Asia dan Afrika menjadi kontributor terbesar kasus rabies hingga mencapai 95 persen.

Jurus Istri Kapolri Wujudkan Bali Zero Rabies

“Tanggal 28 September diperingati sebagai Hari Rabies Sedunia bisa menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama yang memiliki hewan peliharaan agar lebih bisa menjaga kesehatan hewan peliharaan,” ujar Endang memaparkan.

Untuk itu Kemenkes memfokuskan sosialisasi ke daerah-daerah dengan prevalensi tinggi rabies, seperti di Kota Manado dan di Kabupaten Minahasa. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Provinsi Sulut dr. Steven Dandel, MPH, sosialisasi atau penyuluhan di 15 kabupaten/kota penting dilakukan. Selain menggugah kerja lintas sektoral, perlu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk upaya pencegahan.

700 Lebih Hewan Penular Rabies di Padang Panjang Sudah Divaksin

“Sejak 1995, Indonesia tak pernah dinyatakan bebas rabies. Per tahun ditemukan 1.500 terpapar rabies,”  ungkap Steven.

Kondisi di Sulut sendiri memperlihatkan terdapat sekira 230.00 ekor anjing. Namun, yang divaksin hanya 73.000 per tahun sehingga risiko gigitan anjing dengan rabies patut diwaspadai. (ren)

Ratusan anjing diamankan petugas kepolisian Semarang di Tol Kalikangkung.

Kondisi Miris Ratusan Anjing Sitaan di Semarang, Ada yang Kena Cacing Jantung Hingga Malnutrisi

Sejak penampungan pertama, anjing-anjing itu ada yang terkena jerat tali di mulut dan leher, dan yang paling banyak adalah malnutrisi.

img_title
VIVA.co.id
10 Januari 2024