Waspada Freckles, Bisa Jadi Gejala Penyakit Kulit Serius

Ilustrasi freckles pada wajah.
Sumber :
  • Pixabay/Foundry

VIVA – Tren makeup freckles (bintik kecokelatan pada kulit) akhir-akhir ini muncul dan menjadi idola kaum hawa dalam memoles wajah cantiknya. Tapi, tahukah Anda apa itu freckles?

Berawal Saling Sindir, Richard Lee dan Kartika Putri Memanas Lagi

"Freckles adalah kelainan kulit yang ditandai hiperpigmentasi kulit. Ditandai oleh nakula yang warnanya kecokelatan yang berada di area yang terpapar sinar Matahari. Jadi sebetulnya freckles itu berupa bercak kecokelatan kecil-kecil tersebar dan terpapar Matahari," ujar Dokter Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin, dr. Novi Junita Sp.KK dari ZAP Premiere kepada VIVA, Kamis, 4 Oktober 2018.

Lalu, bagian tubuh mana saja yang bisa terjadi freckles dan faktor apa saja yang memicu terjadinya kondisi itu?

Dicibir Richard Lee saat Sakit Kulit, Kartika Putri: Dia Orang Berpendidikan Kan?

"Biasanya daerah wajah, paling sering daerah malar (pipi dan hidung), bisa juga daerah bahu, punggung atas, dan dada disertai seperti itu," tuturnya.

Genetik menjadi faktor utama munculnya freckles di wajah dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Sembuh dari Penyakit Kulit, Kartika Putri Balas Netizen yang Sebut Dirinya Kena Azab

"Ada dua faktor yang utama, yaitu sinar UV dan genetik. Beberapa penelitian menyatakan penyebabnya itu polimorfisme gen (kemunculan lebih dari satu bentuk gen)," katanya.

Lebih lanjut, ia menampik bahwa freckles membahayakan bagi kulit.

"Bahaya atau tidak? Tidak. Meskipun tergolong penyakit kulit, freckles sifatnya jinak. Tapi terkadang freckles bisa dijadikan indikator untuk menentukan diagnosis penyakit seperti xeroderma pigmentosum dan neurofibromatosis," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya