Deteksi Dini Alzheimer, Jangan Maklum dengan Pikun!

Ilustrasi lansia.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Berdasarkan data dari Alzheimer Disease Internasional, setiap 3 detik akan ada 1 orang yang terdiagnosis demensia. Di Indonesia, jumlah orang dengan demensia akan mencapai 4 juta pada 2050. Hal inilah yang membuat dokter menyarankan deteksi dini saat menemukan gejala-gejala umum dari demensia alzheimer.  

Pemuda di Tangerang Banting Lansia Setelah Motor Keduanya Bersenggolan

“Kalau disederhanakan alzheimer merupakan satu jenis dari demensia. Semakin kita tua meski dengan kondisi fisik yang sehat, risiko untuk terkena Alzheimer semakin besar. Alzheimer ini merupakan penyakit penuaan di otak,” ungkap dr. Yuda Turana, Sp.S.

Menurut dr. Yuda, tidak ada obat yang menghentikan prosesnya. Namun, saat dihadapkan dengan suatu penyakit yang tidak ada obatnya, sebenarnya kita berhadapan dengan 2 hal, yaitu deteksi dini dan menghindari faktor risikonya. Oleh karena itulah, fokus Alzheimer’s Indonesia (ALZI) saat ini sebenarnya lebih kepada awareness.

Perampokan Disertai Pembunuhan Terjadi di Malang, Lansia Tewas Ditusuk di Leher

Gejala umum demensia alzheimer

Dikutip dari healthinaging.org, demensia jarang terjadi pada orang dewasa yang usianya kurang dari 60 tahun. Namun, setelah usia 60 tahun, demensia menjadi semakin umum. Salah satu penyebab paling umum dari demensia ialah alzheimer. Lalu, apa saja gejala umumnya?

Terminal Lucidity, Fenomena Seseorang Mendadak Sehat Sebelum Maut Menjemput

BACA SELENGKAPNYA

Ilustrasi mayat/jenazah.

Viral Detik-detik Lansia di Makassar Meninggal Dunia Usai Ikuti Lomba Tadarus Al Quran

Pria ini diketahui peserta lomba membaca Alquran dalam kategori dewasa. Dalam rekaman itu,meninggal usai mengikuti lomba di Masjid Nurul Ilmi Universitas Negeri Makassar.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024