Ternyata Masih Banyak Orang Indonesia Belum Pakai Alat Kontrasepsi

Seorang wanita sedang menatap laut.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA –  Laju pertumbuhan dan kepadatan penduduk masih menjadi masalah yang dialami di Indonesia.  Dalam Laporan Umpan Balik Pengendalian Capaian Peserta Keluarga Bencana (KB) Aktif, maupun peserta KB Baru tidak bertambah secara signifikan.

Hari Kontrasepsi Sedunia, Masih Banyak Misinformasi Soal Penggunaannya

Namun, Plt Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Sigit Prihutomo, mengatakan bahwa tetap terjadi peningkatan pada tahun 2018 jika dibandingkan dengan tahun 2017.

"Peserta aktif per April 2018 mengalami peningkatan sebanyak 607.252, dibandingkan Peserta Aktif per April 2018," kata Sigit dalam pembukaan Temu Ilmiah Kesehatan Reproduksi Untuk Keluarga Terencana Menuju Indonesia Sejahtera, di Kantor BKKBN, Jakarta, Senin, 8 Oktober 2018.

Selain Cegah Hamil, Dokter Sebut Alat Kontrasepsi Ini Kurangi Risiko Kanker Rahim 50 Persen

Ia menjelaskan, tidak signifikannya pertambahan pengguna KB baru salah satunya karena gagalnya menyediakan alat kontrasepsi khususnya untuk intrauterine device (IUD) atau KB spiral yang banyak digunakan oleh masyarakat. Ia mengatakan bahwa dalam hal pengadaan, dari 33 provinsi hanya 14 provinsi yang tersedia. Dan pengadaan ini sendiri masih bergantung pada Kementerian Kesehatan.

"Kemudian seandainya yang tayang dalam e-catalog kuotanya kecil sekali padahal butuh 1,8 juta untuk implan, ini yang perlu kita dorong," kata dia.

Pakai KB Spiral 8 Tahun? Hati-Hati Dampaknya, Begini Penjelasan dokter Boyke

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga terus berupaya meningkatkan komitmen masyarakat dan pasangan usia subur dalam ber-KB dengan dukungan dari stakeholder, provider medis dan mitra kerja untuk memberikan pelayanan KB yang berkualitas.

Kemnaker dan BKKBN gelar Talk Show

Upaya Tingkatkan Fasilitas Kesejahteraan Pekerja, Kemnaker dan BKKBN Gelar Dialog Interaktif

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar Dialog Interaktif bertema Pekerja Produktif.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2024