Bentuk Kuping Bengkak Petarung Pertanda Jagoan, Begini Faktanya

Khabib Nurmagomedov.
Sumber :
  • MMA Junkie

VIVA – Baru-baru ini perhatian publik tertuju pada kerusuhan yang terjadi usai laga Khabib Nurmagomedov versus Conor McGregor di Ultimate Fighting Championship 229. Tapi kali ini kita tidak akan membahas soal insiden mengejutkan tersebut, melainkan hal unik yang melekat pada Nurmagomedov dan McGregor. Kalau Anda perhatikan, nyaris semua petarung profesional, termasuk mereka berdua memiliki bentuk telinga yang bengkak.

Benarkah Agen Khusus Rusia Potong Telinga Tersangka Teroris Moskow & Dipaksa Memakannya?

Rupanya, ada alasan di balik bentuk telinga yang membesar itu. Kelainan bentuk telinga bagian luar itu biasa disebut kuping belang, cauliflower ears, atau auricular hematoma.

Atlet yang sering berlatih intens dan bertarung seperti tinju, gulat hingga rugby rentan memiliki bentuk telinga yang melebar atau bengkak. Kondisi itu cenderung terjadi setelah adanya cedera pada telinga.

Mengorek Telinga Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan? Begini Kata Buya Yahya

Dikutip dari laman Uptodate, kuping belang terjadi karena darah berkumpul menjadi satu lalu mengental di dalam tulang kartilago telinga. Biasanya, hal ini terjadi akibat trauma saat aktivitas fisik atau olahraga keras seperti tinju, rugby, dan sebagainya.

Petarung UFC, Conor McGregor dan Khabib Nurmagomedov.

Pemuda di Tangerang Dibegal, Motor Dirampas-Telinga Nyaris Putus Dibacok Pelaku

Kondisi kelainan kuping ini terjadi secara permanen, disebabkan oleh perkembangan berlebih pada fibrokartilago. Hal tersebut terjadi saat proses perdarahan dimana auricular hematoma terbentuk dan tidak tertangani dengan baik.

Seharusnya ada penanganan medis khusus pada kondisi ini. Tetapi, pada beberapa kasus, kondisinya malah dibiarkan. Akibatnya darah pun mengental dan mengeras, yang kemudian membuat perubahan bentuk telinga menjadi permanen.

Kondisi kelainan kuping ini juga kerap terlihat pada para petarung MMA. Para petarung MMA semestinya mempunyai dasar dari setiap ilmu bela diri dan memiliki satu yang bisa menjadi andalannya untuk bertarung.

Contoh ilmu bela diri dasar seperti gulat. Saat berlatih gulat, telinga banyak terkena kontak dengan lawan dan juga bergesekan dengan lantai. Selain itu, pada gerakan tertentu, mengharuskan sisi samping kepala menempel dengan anggota tubuh lawan. Saat ini lah, terjadi proses perdarahan yang kemudian mengental dan mengeras di dalam daun telinga.

Tak heran, para petarung rawan memiliki kondisi kuping belang ini. Meski pun terdapat cara untuk mengobatinya, petarung kadang tidak ingin menghilangkan kuping belangnya. Bahkan, mereka ingin mempertahankan kondisi kelainan kuping yang mereka alami. Sebab, mereka mengklaim, mempunyai kuping belang adalah salah satu tanda bahwa mereka adalah jagoan yang punya jam terbang tinggi dan pengalaman segudang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya