Jangan Sepelekan Kesemutan, Akibatnya Fatal

Ilustrasi kaki/kesemutan/varises/ asam urat
Sumber :
  • Pexels/EVG photos

VIVA – Hampir setiap orang pernah mengalami sensasi menggelitik dan menusuk yang datang tiba-tiba di tangan atau kaki. Sensasi tersebut akan membuat kita bagaikan ditusuk-tusuk jarum kecil.

Alami Nyeri Pinggang dan Kesemutan Saat Mudik? Coba Pijat di Beberapa Titik Vital Ini

Orang umum menyebutnya dengan kesemutan, karena sensasi yang dirasakan layaknya digerayangi ratusan semut di bawah kulit dan rasanya lumayan tidak nyaman. Anehnya, hanya dengan menggoyang-goyangkan kaki sebentar saja, sensasi kesemutan akan perlahan menghilang.

Kesemutan adalah kondisi normal yang  dialami saat saraf di tangan atau kaki menerima tumpuan tekanan berat dalam waktu cukup lama. Namun, bagaimana dengan kesemutan yang muncul tanpa ada beban di bagian tubuh dan sering terjadi? Berbahayakah? Apakah ini gejala penyakit serius?

Studi Baru: Makanan Ultra-Olahan Berpotensi Tingkatkan Lebih dari 30 Masalah Kesehatan

Topik ini akan dibahas secara mendalam bersama DR dr Salim Haris, SpS(K),FICA di acara Ayo Hidup Sehat yang tayang di tvOne, Rabu, 10 Oktober 2018 pukul 13.00 WIB.

Selain topik tadi, akan dibahas pula soal sereal bersama dr Diana Suganda, M.Kes,SpGK. Seiring berjalannya waktu, kesadaran masyarakat akan manfaat kesehatan sereal semakin meningkat.

Kepala Kesemutan Tanda Gejala Serangan Stroke, Benarkah?

Apalagi sejumlah penelitian mengungkap, konsumsi sereal secara rutin memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh, seperti mengurangi produksi kortisol, infeksi saluran napas, hingga mengontrol keinginan makan.

Makanan yang kaya serat ini pun kian dipertimbangkan sebagai konsumsi wajib ketika sarapan. Bukan hanya praktis, rupanya sereal mengandung banyak nutrisi sehat yang mendukung tubuh selalu fit dan berenergi. Namun, tidak semua sereal ternyata menyehatkan, lho. Kenapa demikian?

Dipandu dr Vito Damay, SpJP(K), M.Kes, FIHA, FICA dan dr Sheila Salsabila, BMedSc, Ayo Hidup Sehat bisa Anda saksikan melalui streaming di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya