Bahaya Gagal Ginjal Kronis, Penyebab Kematian Owner Roti Bakar Eddy

Eddy Supardi, pemilik Roti Bakar Eddy bersama putrinya.
Sumber :
  • instagram.com/risdiantiedi

VIVA – Pendiri  sekaligus pemilik roti bakar kenamaan, Roti Bakar Eddy, H.Eddy Supardi dikabarkan meninggal Rabu, 10 Oktober 2018, pukul 17.00 WIB di RS Mayapada, Jakarta Selatan.

Suplemen Jepang Diduga Picu Masalah Ginjal dan Kematian, Telah Dipasarkan ke Sejumlah Negara

Salah satu perawat home care, Wiwid Ardiansyah menjelaskan, Almarhum meninggal akibat gagal ginjal kronis yang dideritanya.

"Bapak itu sakit gagal ginjal kronis, dan baru ketahuan itu 2 bulan terakhir ini," kata dia saat ditemui di kediaman almarhum di kawasan Cipete Utara Jakarta Selatan, Kamis 11 Oktober 2018.

5 Tewas dan Lainnya Dilaporkan Gagal Ginjal Diduga Usai Konsumsi Suplemen Buatan Perusahaan Jepang

Lantas, apa yang membuat penyakit gagal ginjal kronis begitu berbahaya dan apa penyebabnya?

Seperti dilansir dari Mayo Clinic, penyakit ginjal kronis atau juga disebut gagal ginjal kronis, sederhananya adalah kondisi hilangnya fungsi ginjal secara bertahap. Penyakit gagal ginjal kronis terjadi ketika suatu penyakit atau kondisi merusak fungsi ginjal, menyebabkan kerusakan ginjal memburuk selama beberapa bulan atau tahun.

Kemenkes Khawatir Pembiayaan Penyakit Ginjal Meningkat Karena Hal Ini

Pada tahap awal penyakit ginjal kronis, mungkin memiliki sedikit tanda atau gejala. Penyakit ginjal kronis mungkin tidak jelas sampai fungsi ginjal  terganggu secara signifikan. Adapun beberapa penyakit yang menyebabkan gagal ginjal kronis antara lain, diabetes tipe 1 atau tipe 2, hingga tekanan darah tinggi.

Perawatan untuk penyakit gagal ginjal kronis berfokus pada memperlambat perkembangan kerusakan ginjal, biasanya dengan mengendalikan penyebab yang mendasari. Penyakit ginjal kronis dapat berkembang menjadi gagal ginjal tahap akhir, yang fatal tanpa penyaringan buatan (dialisis) atau transplantasi ginjal.

Hal ini bisa menyebabkan kenaikan tiba-tiba kadar kalium dalam darah (hiperkalemia), yang dapat merusak kemampuan jantung untuk berfungsi dan mungkin mengancam jiwa. Selain itu gagal ginjal kronis juga menurunkan dorongan seksual, disfungsi ereksi atau berkurangnya kesuburan, hingga  menurunkan respons kekebalan, yang membuat seorang lebih rentan terhadap infeksi.     
   

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya