Sering Lecet Saat Pakai Sepatu Baru? Begini Cara Atasinya

Ilustrasi kaki/kesemutan/varises/ asam urat
Sumber :
  • Pexels/EVG photos

VIVA – Pernahkah Kamu merasakan lecet di kaki saat menggunakan sepatu tertentu, terutama sepatu yang baru dibeli? Jika pernah, tentu kondisi ini membuatmu sangat tidak nyaman, ya. Apalagi jika ini terjadi saat Kamu sedang beraktivitas. Duh, pasti sangat menyebalkan. 

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

Lecet pada kaki akibat penggunaan sepatu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya ikatan yang terlalu ketat, bahan sepatu yang tidak lentur, hingga insole yang terlalu keras. Nah, untuk mengatasi kondisi ini, yuk simak ulasannya berikut ini.

Apa yang menyebabkan kaki lecet saat menggunakan sepatu? Kulit yang lecet, disebut juga dengan blister, terjadi akibat adanya gesekan yang terus-menerus antara kulit dengan benda kasar. Pada dasarnya, kondisi ini bisa terjadi di semua bagian tubuh, tidak hanya pada bagian kaki. Meski membuat tidak nyaman, ternyata terjadinya proses lecet ini justru baik lho.

Jalan Kaki Jadi Olahraga Terbaik bagi Penderita Asam Urat, Lakukan 30 Menit Sehari

Pasalnya, menurut beberapa ahli, lecet merupakan salah satu bentuk self defense atau pertahanan tubuh yang dilakukan kulit, agar Kamu tidak mengalami luka yang lebih serius dan lebih menyakitkan. Bentuk pertahanan tubuh ini dimulai dengan dikeluarkannya cairan untuk memenuhi ruang yang sering tergesek, hingga membentuk sebuah bantalan berisi cairan, yang biasa kita sebut dengan kulit melepuh.

BACA SELENGKAPNYA

Zayn Malik Kecelakaan, Kaki Terlindas Mobil saat Berada di Paris Fashion Week
Ilustrasi kaki/kesemutan/varises/ asam urat

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Asam urat adalah kondisi medis yang terjadi ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau tidak dapat mengeluarkannya dengan baik sehingga berdampak buruk.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024