Menggigit Kuku, Kebiasaan atau Gangguan Mental?

Ilustrasi gigit kuku
Sumber :
  • Pixabay/Pexel

VIVA – Menggigit kuku atau onychophagia merupakan kebiasaan yang sering kita jumpai dilakukan oleh beberapa orang. Menggigit kuku ini dapat dimulai saat masa kanak-kanak dan berlanjut hingga dewasa. Lantas, sebenarnya menggigit kuku itu merupakan kebiasaan atau gangguan mental ya?

Atasi Gangguan Mental Sebelum Berujung Depresi, Ini Solusi Menjaga Kesehatan Jiwa

Disebutkan dalam edisi kelima Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM V), seperti dikutip dari Medscape, menggigit jari dikategorikan sebagai gangguan yang berhubungan dengan obsessive compulsive disorders (OCD). Pada jurnal edisi kesepuluh dari International Classification of Diseases, menggigit kuku diklasifikasikan dengan gangguan perilaku dan emosi tertentu yang biasanya terjadi pada masa kanak-kanak dan remaja. 

Penyebab menggigit kuku

Mengejutkan! Banyak Calon Dokter Spesialis Alami Depresi, Kemenkes Ungkap Penyebabnya

Penyebab pasti menggigit kuku masih diperdebatkan. Namun, faktor yang memengaruhi meliputi faktor psikologis, meniru perilaku yang sama dari anggota keluarga, dan kecenderungan genetik untuk menggigit kuku. Yang menarik, menggigit kuku sering kali terjadi pada anak-anak yang orang tuanya juga pernah melakukan hal sama, bahkan jika orangtua sudah berhenti melakukannya.

Onychophagia terkadang dapat dilakukan oleh individu yang secara psikologis stabil. Namun, biasanya kegiatan ini merupakan tanda kehilangan kontrol terhadap hal-hal yang dianggap sulit. Adapun faktor psikologis yang dikaitkan dengan perilaku ini adalah stres, gelisah, cemas, dan suasana hati yang kurang baik.

Idap Gangguan Identitas Integritas Tubuh, Pria Ini Minta Dokter Potong 2 Jarinya yang Sehat

BACA SELENGKAPNYA

Ilustrasi bunuh diri.

Meli Joker Tewas Bunuh Diri Sambil Live di Instagram, Psikolog Soroti Hal Ini

Bunuh diri adalah tindakan kompleks yang beragam hingga agak sulit menjelaskannya. Beberapa studi penelitian mempertanyakan, soal pandangan seseorang akan hidup dan mati.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024