Tiga Alasan Anda Harus Coba Tidur Tanpa Pakaian

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Jawab dengan jujur, apakah Anda termasuk orang yang tidur dengan pakaian, setengah telanjang, atau tidak berpakaian sama sekali? Tapi, Anda mungkin bertanya-tanya adakah pengaruhnya tidak memakai pakaian saat tidur terhadap tubuh.

Dokter Boyke Ungkap Fetish Seks dengan Mayat hingga Penyebabnya

Pakar tidur dan profesor neurosains di UC Berkeley, serta penulis Why We Sleep, Matthew Walker memberikan jawabannya untuk Anda.

Tidur tanpa pakaian membantu tidur lebih baik

Dokter Boyke Ungkap Ada Fetish Nyleneh, Terangsang Jika Cium Popok Bayi

Sayangnya, dilansir laman Men's Health, Walker mengatakan sedikit sekali bukti ilmiah yang mendukung manfaat sehat dari tidur tanpa busana. Tapi kita bisa mendapatkan beberapa informasi dari suku pemburu di Afrika yang paling terekspose terhadap perubahan suhu. Satu studi menemukan bahwa siklus tidur dari para kelompok pemburu terkait dengan suhu adalah mereka tertidur ketika suhu mulai menurun dan terbangun saat suhu sangat dingin. Walker mengatakan hal ini menunjukkan bahwa menutup tubuh bisa membuatnya sulit melepaskan panas.

Studi tambahan juga menyatakan kalau suhu lebih dingin sangat berguna bagi kualitas tidur. Salah satu studi dari Science Advances mengatakan bahwa tidur seseorang memburuk seiring meningkatnya suhu.

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Membantu hubungan dan kehidupan seks

Ada banyak sekali bukti bahwa kontak skin to skin bisa meningkatkan oksitosin, hormon ikatan, yang berkontribusi dalam menambah tingkat keintiman dan ikatan. Meski sebagian besar riset ini fokus pada ibu dan bayi, diketahui juga bahasa kontak skin to skin bisa membantu meningkatkan keintiman antara Anda dan pasangan. Tentu saja ada keuntungan nyata bagi kehidupan seksual Anda juga.

Meningkatkan kesuburan

Menurut sebuah studi tahun 2015, pria yang mengenakan celana boxer dan tidur telanjang mengalami lebih sedikit fragmentasi DNA pada sperma mereka (sperma berkualitas lebih tinggi) dibandingkan pria yang mengenakan celana dalam ketat baik saat siang maupun ketika tidur. Para peneliti berspekulasi kalau hal ini berkaitan dengan suhu ruang yang lebih rendah bisa menjaga testis tetap nyaman dan dingin.

Namun, riset lebih banyak lagi dibutuhkan untuk memastikan apakah tidur tanpa busana benar-benar bermanfaat untuk kesehatan seluruh tubuh. Jika Anda masih tetap terbangun dengan keringat membanjir karena pakaian dan selimut, cara ini layak dicoba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya