Ingat Lima Hal Ini Sebelum Pacari Teman Kerja

Ilustrasi berbincang dengan rekan kerja.
Sumber :

VIVA – Romansa di kantor bukan hal asing. Jam kerja yang panjang dan seringnya berinteraksi membuat munculnya ketertarikan satu sama lain antarrekan kerja.

Jadi Tersangka Kasus Korupsi, Ini Perjalanan Cinta Harvey Moeis dan Sandra Dewi

Menurut profesor psikologi, Oni Fagboungbe, kemungkinan tertarik itu akan selalu ada karena tempat kerja membuat orang selalu bersama, dan ketika dua orang bertemu secara rutin, entah di kantor, pasar atau bahkan pesawat, timbul rangsangan dan respon yang mempengaruhi tindakan dan perilaku orang.

"Itulah kenapa orang yang (sering) bertemu bisa jatuh cinta," katanya, seperti dikutip dari Punch.

Kian Romantis, Nikita Mirzani dan Rizky Irmansyah Tertangkap Kamera Lakukan Hal ini

Namun sebelum memutuskan terlibat dalam hubungan yang serius dengan rekan kerja dan tak mau terjebak dalam romansa kantor yang rumit atau melakukan kesalahan di tempat kerja, perhatikan lima hal berikut ini.

1. Salah satu keluar

Raffi Ahmad Tawarkan Diri Jadi MC Pernikahan Mahalini, Tarifnya Bikin Rizky Febian Kaget!

Tak ada yang salah dengan jatuh cinta pada rekan kerja, tapi jika aturan perusahaan melarang, sebaiknya salah satu mengundurkan diri. Untuk itu, cari tahu terlebih dahulu apakah peraturan kantor mendukung atau melarang menjalin asmara dengan rekan kerja.

2. Pisahkan urusan pekerjaan dan romansa

Efek jatuh cinta menciptakan perasaan yang sama dengan kecanduan narkoba. Seorang peneliti antropologi dan relasi biologi, Dr. Helen Fisher pernah mengungkapkan hal tersebut.

Oleh sebab itu, jatuh cinta cenderung membuat orang melakukan apa yang biasanya tidak mereka lakukan di tempat kerja. Karena itu, mereka yang terlibat asmara di tempat kerja harus memisahkan antara urusan pekerjaan dari asmara.  

Jika mereka bertengkar disarankan untuk tidak membawanya ke kantor, jangan juga saling merayu di tempat kerja. Ini akan membuat mereka tidak produktif karena konsentrasi berkurang dan pada akhirnya bisa menjadi alasan perusahaan untuk memecat mereka.

3. Jangan selalu bersama

Berikan ruang satu sama lain, jadi karyawan lain tak berpikir bahwa hubungan dengan rekan kerja akan mengganggu tanggung jawab di kantor. Untuk itu, seharusnya jika Anda memiliki kekasih satu kantor, jangan terlihat makan dari piring yang sama, bergandengan tangan atau sering mengunjungi ruangan satu sama lain. Berusahalah bersikap normal dan sopan.

4. Jangan bermesraan di kantor

Meski godaan untuk menyentuh bagian sensual pasangan selalu muncul, hindari melakukan itu di kantor, meski tempat atau ruangan sepi dan tak terduga. Sebab jika ketahuan, akan menimbulkan rasa malu berkepanjangan.

5. Sebisa mungkin rahasiakan

Segalanya akan lebih baik jika dirahasiakan, dan romansa dengan rekan kerja ini salah satunya. Jika hubungan berjalan baik mungkin tak masalah, tapi jika ada yang salah, gosip akan memperburuk hubungan keduanya. Jadi, sebelum memutuskan terbuka mengenai hubungan dengan rekan kerja, disarankan untuk mempertimbangkan banyak hal. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya