Tanda Air Limbah Pabrik Aman di Lingkungan

Ilustrasi air sungai.
Sumber :
  • Pixabay/Free-Photos

VIVA –Limbah menjadi masalah serius terutama di perkotaan. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk, limbah juga ikut bertambah yang mengakibatkan proses pengolahan limbah sulit ditangani.

Dampak Positif Praktik Bisnis Ramah Lingkungan terhadap Kesehatan

Salah satu pabrik pensil legendaris asal Jerman yang berdiri sejak tahun 1761, Faber-Castell, memiliki trik untuk mengolah limbah pabriknya secara bijak. Melalui penanganan air, limbah hasil produksi pensil dipilah dengan teliti.

"Penanganan limbah pabrik kami dengan cara waste water treatment. Di mana air limbahnya masuk ke dalam tempat pengolahan lalu diolah dengan menggunakan pola pompa air," ujar Manager QA A.W Faber-Castell Indonesia, Sapto Putranto, saat ditemui VIVA di Pabrik Faber-Castell, Bantar Gebang, Bekasi, Senin, 15 Oktober 2018.

Wakil Menteri LHK: Indonesia Memiliki Fasilitas Pengolahan Limbah Setara Negara Maju

Setelah melalui proses pompa air, lanjut Sapto, air limbah disaring untuk memilah air bersih dan sisa limbahnya. Air yang bersih lantas kembali dialirkan ke saluran yang menuju kolam air bersih.

"Air yang bersih mengalir ke kolam yang ada di belakang pabrik kami. Di kolam itu ada ikan yang bisa hidup, yang menandakan memang airnya bersih," ucapnya.

Indonesia Buka Peluang Pengembangan Ekonomi dan Teknologi Limbah di Hannover Messe 2023

Ada pula sisa air limbah yang mengandung kotoran, dibuang secara bijak ke saluran tempat pembuangan atau selokan. Menurut Sapto, pembuangannya tersebut tidak langsung dialirkan ke sungai agar mencegah pencemaran lingkungan.

"Tidak langsung ke sungai tapi ke selokan. Beberapa bulan sekali kita rutin lakukan pemeriksaan dari proses pengolahan limbah ini," kata Sapto.

(je)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya