Tips Mencegah Rambut Rontok pada Pengidap Diabetes

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Diabetes dapat merusak semua bagian tubuh. Bahkan rambut yang merupakan bagian dari keindahan manusia pun tak luput dari hantaman diabetes.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Rambut rontok dari akarnya merupakan proses normal. Bahkan, rata-rata orang kehilangan antara 60-100 helai rambut sehari, tergantung jenis rambut setiap orang, dan kekuatan akar rambut.

Siklus pertumbuhan rambut terdiri dari tiga fase. Di fase aktif, rambut akan bertambah panjang 1-2 centimeter (cm) per bulan. Fase tumbuh ini berlangsung sedikitnya selama dua tahun. Setelah itu, siklus memasuki masa istirahat, memakan waktu sekitar 100 hari. Fase terakhir adalah fase rontok, di mana beberapa helai rambut mulai lepas dari akarnya.   

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Penyakit diabetes dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut, terutama di fase pertumbuhan dan fase kerontokan. Diabetes memperlambat pertumbuhan dan mempercepat kerontokan rambut. Kerontokan rambut tidak hanya terjadi di rambut kepala, namun juga rambut di seluruh tubuh. Memang masih terjadi pertumbuhan kembali rambut yang rontok, tetapi prosesnya lebih lambat dari siklus normal.

Karena itu, beberapa penderita diabetes mengalami kebotakan atau disebut alopesia areata. Kebotakan akibat rontoknya rambut dengan cepat ini disebabkan sistem imun akan merusak akar rambut, sehingga rambut mudah terlepas (rontok). Kekurangan hormon tiroid juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Penderita diabetes ada yang mengalami gangguan tiroid sehingga memperparah gejala kerontokan rambut.

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

Kebotakan akibat rontoknya rambut dengan cepat ini disebabkan sistem imun akan merusak akar rambut sehingga rambut mudah terlepas (rontok). Kekurangan hormon tiroid juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Penderita diabetes ada yang mengalami gangguan tiroid sehingga memperparah gejala kerontokan rambut.
 
Jika kerontokan rambut dialami penderita diabetes yang masih muda, tentu akan mengurangi rasa percaya diri. Rambut adalah bagian dari penampilan, yang sebisa mungkin terus dipertahankan sampai tua. Namun tidak perlu khawatir karena kebotakan dapat diobati. Inilah beberapa cara mengatasi rambut rontok karena diabetes:

Wajarkah Rambut Rontok karena Diabetes?

Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024