Sariawan Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius, Benarkah?

Ilustrasi lidah.
Sumber :
  • Pixabay/1045373

VIVA – Sariawan dalam istilah medis disebut stomatitis aftosa (apthous stomatitis). Kondisi ini terjadi karena luka di dalam mulut yang dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. 

Awalnya Sariawan, Aktris Ini Ternyata Idap Autoimun

Luka tersebut bisa berbentuk oval atau bulat, dan berwarna putih atau kuning dengan tepiannya yang berwarna merah akibat peradangan.

Lokasi sariawan dapat terjadi di bagian dalam pipi atau bibir, serta di permukaan gusi dan lidah. Sariawan yang tumbuh dapat berjumlah satu atau lebih. 

VIDEO: Obat Alami Ini Ampuh Atasi Diare Hingga Rambut Rontok

Luka di bagian mulut akibat sariawan juga bisa menjadi “pintu masuk” penyakit lainnya. Lalu bagaimana cara mencegah dan mengatasi sariawan agar tak tumbuh menjadi penyakit serius?
                                                                                                                                                                                        Spesialis bedah mulut, drg. Devya Linda S.Y., Sp.BM. FISID akan membahas seluk beluk sariawan dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT (AHS) di tvOne Rabu 17 Oktober 2018. Dipandu host dr Sheila Salsabila BMedSc dan Dita Fakhrana, AHS juga akan tayang live streaming di laman ini. (zo)
 

COVID-19 dan lidah

Ada Lagi Gejala Aneh COVID-19 Termasuk Omicron, Kini Muncul di Lidah

Gejala aneh COVID-19 berbeda setiap orang. Ada yang umum tapi ada juga yang mengalami beberapa gejala khas yang tidak dirasakan pasien lain.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022