Hati-hati, Manicure dan Pedicure Bisa Tularkan HIV

Ilustrasi manicure
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Banyak orang mungkin sudah tahu bahwa virus HIV bisa ditularkan lewat berbagai cara, di antaranya jarum suntik, hubungan seks tidak aman, dan jarum tato yang tidak steril. Namun, yang tidak diketahui dan sadari bahwa melakukan perawatan pedicure dan manicure ternyata juga rentan tertular HIV.

Bantah Tudingan Venny Alberti Tularkan Penyakit Kelamin, Akash Elahi: Saya Siap Tes HIV Lagi

Menurut dokter penyakit dalam dari Rumah Sakit Royal Taruma, dr Edwin L. Jim, SpPD-KPTI, penggunaan gunting rambut, gunting kuku atau peralatan manicure dan pedicure memang berpotensi menyebarkan virus HIV. "Itu menjadi masalah karena alatnya kadang kala agak tajam, itu bisa menimbulkan luka," kata Edwin saat seminar di Hospital Expo 2018, Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu, 17 Oktober 2018.

Ia menjelaskan, saat terjadi luka dan terkontaminasi oleh orang yang memiliki virus HIV positif hal tersebut bisa menularkan penyakit ke orang lain. Ia menyebut jika orang yang tidak luka terbuka dan terkena alat yang terkontaminasi HIV, maka penyakit itu tidak bisa menular.

Venny Alberti Ngaku Kena PMS, Akash Elahi Bingung Sudah Lama Tak Berhubungan dengan Istrinya

Lalu bagaimana menghindarinya?

"Mengatasinya bagaimana, minta pakai alat yang baru. Minta alat itu disterilkan dengan alkohol sebetulnya juga bisa saja, tapi lebih aman pakai alat yang baru," kata dia.

Akash Elahi Bantah Tudingan Venny Alberti Soal Penyakit Seks: "Fitnah Kejam!"

Seperti diketahui, HIV tidak akan menular melalui makan dan minum, tinggal satu rumah, bersalaman, berpelukan. Bahkan berciuman pun tidak menularkan HIV asalkan tidak ada luka terbuka.

Ilustrasi kondom/alat kontrasepsi.

Beri Proteksi Cegah HIV hingga Kehamilan Tak Diinginkan, Begini Cara Pakai Kondom yang Benar

Membuka bungkus kondom sendiri kata dia, tidak boleh menggunakan gigi atau mulut. Sebab bisa berisiko kondom tersebut menjadi sobek

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024