Olla Ramlan Tuli Mendadak, Ini Penjelasan Medisnya

Olla Ramlan
Sumber :
  • Instagram.com/ollaramlanaufar

VIVA – Selebriti Olla Ramlan mengaku harus mengalami tuli pada salah satu telinganya lantaran sering terkena pukulan di saat remaja. Wanita berambut panjang itu kini mengenakan alat bantu dengar akibat didiagnosa sudden deafness atau tuli secara tiba-tiba.

Cuitan Stroke Telinga Kiky Saputri Sempat Bikin Heboh, Ini Tanggapan Adem dr Tirta

Masalah pendengaran di telinga sebelah kanan Olla bermua saat dirinya aktif mengikuti olahraga bela diri. Saat itu, Olla Ramlan masih remaja di awal tahun 2000-an dan kerap mendapat pukulam keras di bagian telinganya. 

Lantas apa itu sudden deafness yang dialami oleh Olla Ramlan?

Kiky Saputri Dituding Lakukan Fitnah Usai Bandingkan Pengobatan di Indonesia-Singapura

DIlansir laman nidcd.nih, Tuli mendadak yang dialami Olla merupakan kondisi yang terjadi mendadak tanpa sebab yang bisa dialami dalam waktu beberapa hari. Ini terjadi akibat adanya gangguan pada organ sensori bagian dalam telinga.

Biasanya, pengidap Sudden Deafness mengalami tuli saat bangun di pagi hari. Gejalanya pun mencakup perasaan telinga berdenging, telinga penuh, atau suara berisik.

Heboh Cuitan Kiky Saputri Soal Dokter Indonesia dan Singapura, IDI: Dokter Indonesia Lebih Baik

Kondisi tuli mendadak sendiri memiliki penyebab yang cukup banyak mencakup infeksi, trauma kepala, autoimun, hingga masalah gangguan sirkulasi. Pada kasus Olla Ramlan, adanya trauma pada kepala akibat pukulan berat bertubi-tubi, bisa menjadi penyebabnya.

Penanganan paling utama pada kasus ini yaitu pemberian kortikosteroid. Pemberiam obat ini untuk meminimalisir bengkak dan membantu tubuh melawan serangan penyakit tersebut.

Adapun pemakaian alat bantu dengar seperti pada Olla Ramlan memang disarankan jika pendengaran memang sangat bermasalah. Namun, konseling lebih lanjut patut dijalani bagi pengidap sudden deafness untuk penanganan yang lebih tepat sesuai kasus yang dialami.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya